detikHot

kpop

10 Lagu K-Pop Ini Berusia 10 Tahun, Generasi Zaman Now Wajib Tahu!

Jumat, 19 Jun 2020 18:09 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
SHINee Lucifer Foto: Dok. SM Entertainment
Jakarta -

Di tahun 2020 ini ada banyak lagu K-Pop populer dan hits yang sudah berusia satu dekade. Jauh sebelum Boy with Luv dan populer, ada banyak lagu K-Pop dari grup generasi kedua yang disukai dan masih tetap "bop!" Kill This Love hingga kini.

Nggak cuma musiknya yang khas tahun 2010-an, koreografi lagu-lagu ini pun pernah jadi topik hangat di kalangan fans K-Pop pada masanya. Yuk dengarkan lagu deretan lagu K-Pop populer yang dirilis tahun 2010 lalu!

Oh! & Run Devil Run - SNSD

[Gambas:Youtube]


Rasanya wajar kalau era ini kita mulai dengan dua lagu SNSD ini. Sejak kesuksesan mereka dengan Gee, SNSD selalu muncul dengan musik yang bervariasi. Oh! adalah salah satu lagu populer yang dinyanyikan SNSD sepanjang karier mereka. Cow Herding Dance adalah gerakan dance yang cukup populer saat itu.

SNSD lalu melanjutkan Oh! dengan lagu follow up Run Devil Run di album repackaged mereka. Di sini SNSD menampilkan gaya yang bertolak belakang dengan konsep cheerleader di Oh!. Di Run Devil Run, SNSD menampilkan gaya yang lebih bold dengan kostum hitam.

[Gambas:Youtube]


Lupin - KARA

Ada kemiripan antara kostum SNSD di Run Devil Run dengan KARA di Lupin. Sesuatu yang sempat jadi topik hangat di kalangan fans pada era tersebut. Tapi terlepas dari hal itu, lagu Lupin yang dibawakan KARA adalah "bop!" pada masanya.

KARA mulai dilirik berkat Mr. dan kemudian selalu hadir dengan lagu-lagu pop-dance yang ear-catchy. Di tahun yang sama, KARA juga merilis Jumping.

[Gambas:Youtube]


Nu ABO - f(x)

Gerakan dance Nu ABO f(x) sering diparodikan boyband K-Pop di acara variety show. Lagu ini adalah title track untuk comeback pertama f(x) setelah debut di 2009 lewat La Cha Ta.

Judul Nu ABO diambil dari deretan golongan darah A, B, dan O. Penampilan f(x) di MV ini sangat berbeda dari kebanyakan grup pada masa itu. Rambut ombre Krystal mungkin jadi inspirasi SM Entertainment ketika mendebutkan Red Velvet dengan Happiness di 2016.

[Gambas:Youtube]


Goodbye Baby - missA

"This is JYP production!" jadi pembuka lagu ini sebelum missA menyanyikan lirik pembukanya. Beat lagunya dibuat yang khas Park Jin Young dan Goodbye Baby jadi salah satu lagu yang mudah diterima kuping. Jangan lupa juga koreografi sikap lilin di awal yang selalu mengundang teriakan fans setiap kali missA menampilkan lagu ini. Sayang sekali grup ini harus bubar ya!

[Gambas:Youtube]


Lucifer - SHINee

Pemuja setan? Illuminati? Isu seputar lagu ini seolah tidak ada habisnya. Apalagi bagian terakhir dari koreografinya yang menampilkan gerakan tangan telunjuk kanan dan kiri berturut-turut menghadap ke atas dan ke bawah. Kamu pasti ingat juga kamera acara musik yang tiba-tiba gemetaran di bagian awal lagu saat SHINee tampil membawakan Lucifer.

[Gambas:Youtube]


A-ing - Orange Caramel

Orange Caramel adalah grup K-Pop dengan gaya musik yang sangat berbeda dan unik! Banyak lagu hits yang mereka rilis sejak debut di tahun 2010 hingga beberapa tahun berikutnya. Memadukan konsep penuh warna dengan musik bergaya trot/pop membuat Orange Caramel disukai. A-ing adalah salah satunya. Kalau kamu suka lagu ini mungkin kamu juga akan suka lagu-lagu mereka yang lain seperti Shanghai Romance dan Catallena.

[Gambas:Youtube]


I Need a Girl - Taeyang ft. G-Dragon BIGBANG

Taeyang merilis album solo perdananya di tahun 2010 berjudul Solar. Sederet single dirilis sebelum peluncuran album. Lagu berjudul I Need A Girl ini adalah yang jadi lagu utama dan jadi andalan dalam promosi lagu ini. Taeyang menyanyikannya bersama G-Dragon jauh sebelum sub-unit TAEYANG X GD debut.

[Gambas:Youtube]


Madonna - Secret


Fans K-Pop sekarang mungkin nggak tahu kalau dulu ada grup bernama Secret yang juga sempat populer. Sayangnya grup ini juga sudah bubar. Salah satu lagu Secret yang populer di tahun 2010 adalah Madonna. Lagu ini masih enak kok buat didengerin di era K-Pop masa kini.

[Gambas:Youtube]


Bonamana - Super Junior

Dari Sorry, Sorry Super Junior kembali dengan sebuah lagu yang tak kalah asik buat bergoyang. Bonamana adalah salah satu yang terbaik dari Super Junior dan jadi hits pada masa itu. Bagian "ddan dadan ddan dan" di lagu ini akan bikin kepala kamu nggak berhenti bergoyang.

[Gambas:Youtube]


I'll Be Back - 2PM

2010 adalah era ketika banyak banget grup K-Pop menampilkan shuffle dance. Lagu 2PM ini adalah salah satunya! I'll Be Back jadi lagu comeback 2PM setelah ditinggal Jay Park dan menjadikan mereka salah satu grup paling populer di Korea Selatan. Dengerin deh lagunya dan coba untuk tidak bergerak saat mendengarkannya. Kemungkinan kamu akan gagal sih!

[Gambas:Youtube]


Bonus

IU - Good Day

2010 adalah tahun yang penting buat IU. Butuh waktu dua tahun buat solois Korea Selatan ini untuk jadi terkenal seantero negeri dan lagu Good Day adalah lagu yang membesarkan nama IU. Pemilik nama asli Lee Ji Eun itu membuat banyak orang terpesona dengan kemampuannya menyanyi dalam nada tinggi 3 oktaf di klimaks lagu. Bahkan setelah sepuluh tahun berlalu, IU masih tetap membawakan lagu ini dalam setiap konsernya.

[Gambas:Youtube]


Lagu mana yang paling kamu suka? Kamu bisa mendengarkan semua lagu ini di K-Playlist di Spotify detikcom di bawah ini:


(ron/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com