detikHot

kpop

Kolaborasi dengan Idola K-Pop, Strategi Musisi Internasional Gaet Audiens Muda

Jumat, 20 Mar 2020 21:40 WIB Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Blackpink di Jakarta Foto: Anggi/Wolipop
Jakarta -

Beberapa tahun terakhir ada banyak musisi internasional yang melakukan kolaborasi dengan idola K-Pop. Sesuatu yang sebelumnya bisa dikatakan langka.

Dalam kondisi K-Pop yang kini telah mendunia, kolaborasi antara musisi Amerika atau Inggris dengan penyanyi Korea bukan lagi sesuatu yang mustahil. Kedua pihak diuntungkan dari kolaborasi ini.

Penyanyi Korea mendapat sorotan dari fans sang penyanyi internasional. Demikian juga dengan penyanyi internasional yang mendapatkan penggemar baru dari mereka yang menggilai sang idola Korea Selatan.

Faktanya, menurut Lee Gyu Tag, seorang profesor di George Mason University, kolaborasi antarbudaya ini terbilang penting. Hal ini mewakili keberagaman dari budaya itu sendiri. Terlebih kolaborasi-kolaborasi itu juga tetap mempertahankan bahasa asli dari masing-masing musisi.


Sebut saja kolaborasi yang dirilis baru-baru ini yaitu Hwasa 'MAMAMOO' dan Dua Lipa di lagu 'Physical'. Masing-masing penyanyi tidak memaksakan diri mereka untuk menyanyi dalam satu bahasa, baik bahasa Inggris atau bahasa Korea. Alih-alih begitu, Hwasa tampil menyanyikan lirik lagu dalam bahasa Korea dan Dua Lipa tetap dengan bahasa ibunya.

Kolaborasi seperti ini memberikan warna dan nuansa keberagaman budaya yang lebih terasa di dunia musik internasional yang terasa sangat eksklusif berbahasa Inggris. Tanpa perlu memaksakan salah satu dari kedua artis buat bernyanyi dalam bahasa yang tidak mereka kuasai.

Selain itu, menurut Lee Gyu Tag, kolaborasi yang dilakukan oleh musisi internasional dengan idola K-Pop adalah salah satu cara mereka buat menggaet pasar anak muda.

"Alih-alih berkolaborasi dengan musisi senior, strategi kolaborasi dengan idola K-Pop lebih menarik perhatian anak muda. Ini juga membuka kesempatan buat musik yang tidak berbahasa Inggris di industri musik pop global yang selama ini selalu menggunakan bahasa Inggris," katanya seperti dikutip dari Korea Herald pada Jumat (20/3/2020).


Kolaborasi Dua Lipa dengan idola K-Pop di 'Physical' bukanlah yang pertama. Tahun lalu penyanyi asal Inggris itu juga pernah merilis kolaborasi dengan BLACKPINK di lagu 'Kiss and Make Up' yang juga menggunakan treatment yang sama. BLACKPINK menyanyikan lirik berbahasa Korea dan Dua Lipa mengambil alih versi bahasa Inggrisnya.

Selain itu kolaborasi musisi internasional dengan bintang K-Pop juga bisa kita dengarkan dari lagu BTS 'Boy With Luv', yang terbaru dari Lay 'EXO' dengan Steve Aoki dan will.i.am berjudul 'Love You More', MONSTA X dan Pitbull di lagu 'BESIDE U', hingga Wendy 'Red Velvet' di lagu 'Written In The Stars' yang dinyanyikan bersama John Legend.




Simak Video "Cerita Dita Karang yang Resmi Debut di Grup K-Pop 'Secret Number'"
[Gambas:Video 20detik]
(aay/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com