detikHot

Ulasan Konser

'Asian Sound Syndicate' Festival Hip Hop yang Dibutuhkan di Indonesia

Minggu, 01 Sep 2019 12:35 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Halaman 1 dari 2
Asian Sound Syndicate Festival Hip Hop yang Dibutuhkan di Indonesia Foto: ist.
Jakarta - Menjamurnya festival musik di Indonesia seakan membuat semua terlihat sama. Berbagai genre musik dikumpulkan jadi satu, mulai dari yang indie hingga mainstream.

Namun, apa jadinya ketika musik hip hop diapresiasi dan para musisinya diberikan panggung khusus? 'Asian Sound Syndicate vol 1' menjadi festival pertama yang tak hanya memperkenalkan musik hip hop Indonesia, namun juga Asia termasuk Malaysia hingga Korea Selatan.



Digelar di Helipad kawasan GBK, Jakarta Selatan pada Sabtu (31/8) 'Asian Sound Syndicate vol 1' dihadiri mayoritas remaja-remaja pecinta musik hip hop Korea Selatan. Idola mereka seperti Bobby 'iKON', Gray, Crush, DPR Live, dan Simon D hadir untuk menghibur (yang sebagian besar) tampil di Indonesia untuk pertama kalinya.

Tampil di atas panggung terlebih dahulu sebagai tuan rumah, musisi hip hop Indonesia seperti Tuantigabelas hingga Ramengvrl secara mengejutkan, bisa membius para fans K-Hip Hop yang mungkin sebelumnya belum pernah mendengarkan lagu-lagu hip hop Indonesia. Dengan mayoritas lagu berbahasa Indonesia dan Inggris, pesan yang disampaikan para musisi hip hop Indonesia lebih muda tertangkap oleh para penonton.



Sehingga, mereka tak segan ikut mengangkat tangan dan menari, atau sesekali mengikuti seruan yang diteriakkan di atas panggung. Tepuk tangan meriah pun diberikan ketika para musisi Indonesia pamit, bahkan banyak yang berteriak agar mereka kembali ke atas panggung untuk menyanyikan satu atau dua lagu tambahan.

Hal ini menunjukkan bahwa musisi Indonesia bisa bersaing dengan musisi Asia lainnya. Dan festival seperti 'Asian Sound Syndicate vol 1' adalah event yang dibutuhkan untuk memperkenalkan talenta-talenta yang tak terlalu diperhitungkan sebelumnya, termasuk Korean Hip Hop. (dal/wes)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com