Bayaran Penulis The Glory Per-Episode Disebut Capai Rp 1,2 M

ADVERTISEMENT

Bayaran Penulis The Glory Per-Episode Disebut Capai Rp 1,2 M

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Jumat, 13 Jan 2023 14:01 WIB
Kim Eun Sook
Penulis Kim Eun Sook. Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Kim Eun Sook merupakan salah satu penulis naskah drama Korea yang tak pernah gagal. Kisah yang ditulisnya selalu menjadi hits seperti Mr. Sunshine, Goblin, Descendants of the Sun hingga yang terbaru The Glory.

Kesuksesan The Glory membuat nama Kim Eun Sook kini kembali menjadi pembicaraan di kalangan netizen. Postingan di sebuah komunitas online pun menjadi pembicaraan ketika membahas kemungkinan bayaran sang penulis di setiap episodenya.

Menurut postingan tersebut, Kim Eun Sook disebut mendapatkan bayaran KRW 100 juta per episode, atau sekitar Rp 1,2 miliar.

Pembahasan mengenai bayaran Kim Eun Sook juga pernah menjadi perhatian pada 2019. Kala itu program Heard It Through the Grapevine juga membahas soal masa lalu sang penulis yang rupanya tak sesukses sekarang.

"Penulis Kim masuk perguruan tinggi lima tahun lebih lambat dari rekan-rekannya karena dia harus mendapatkan uang untuk membayar uang sekolahnya," ungkap sang reporter.

Kim Eun SookKim Eun Sook Foto: dok. Netflix

"Setelah lulus, dia menulis naskah drama di Daehak-ro, tetapi dia bukan penulis yang dikenal. Sehingga dia tidak punya penghasilan tetap," lanjutnya.

Gaji pertama yang diterima Kim Eun Sook disebut sebesar KRW 700 ribu. Setelahnya ia mulai dikenal lewat Lovers in Paris dan bayarannya meningkat hingga KRW 30 juta per episode.

Lewat kepopuleran Goblin, bayaran Kim Eun Sook kembali meningkat hingga KRW 70 sampai 80 juta. Dan saat ini, bayarannya disebut lebih dari KRW 100 juta.

Sepanjang kariernya, Kim Eun Sook juga beberapa kali menerima penghargaan karena naskah yang ia tulis. Pada 2011, ia menerima penghargaan Outstanding Korean Screenwriter di ajang Seoul International Drama Awards lewat drama Secret Garden.

Kim Eun Sook juga menerima penghargaan Best Screenplay pada 2016 dari KBS Drama Awards lewat Descendants of the Sun. Kemudian satu tahun setelahnya, ia menerima Daesang (penghargaan tertinggi) lewat drama Goblin di Baeksang Arts Awards.



Simak Video "Ini yang Bikin Lim Ji Yeon Terpilih Jadi Karakter Antagonis di 'The Glory'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT