Tayang Besok, Money Heist Korea Bawa Pesan Persatuan-Kritik Sosial

ADVERTISEMENT

Tayang Besok, Money Heist Korea Bawa Pesan Persatuan-Kritik Sosial

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Kamis, 23 Jun 2022 11:58 WIB
Money Heist Korea: JEA (L to R) Lee Hyun-woo as Rio, Kim Ji-hun as Denver and Lee Won-jong as Moscow in episode # 1 of Money Heist Korea: JEA. Cr. Jung Jaegu/Netflix © 2021
Foto: Jung Jaegu/Netflix/Jung Jaegu/Netflix
Jakarta -

Money Heist: Korea - Joint Economic Area adalah salah satu serial Netflix yang dinantikan. Dengan kesuksesan versi aslinya, Money Heist Korea diharapkan bisa menyusul apa yang sudah diperoleh pendahulunya.

Dalam jumpa pers belum lama ini, sang sutradara Kim Hong Sun, menjelaskan salah satu tema penting yang akan membedakan Money Heist: Korea - Joint Economic Area dengan versi aslinya. Kali ini, persatuan Korea Utara dan Korea Selatan yang sudah lama bersitegang menjadi tema utama.

"Aku harus membuat sesuatu yang meyakinkan, sesuatu yang realistis. Dan di situ aku benar-benar berusaha keras. Saat memikirkan betul-betul, aku kemudian merasa hubungan inter-Korea bisa digunakan sebagai setting waktu di masa depan. Selain itu serial ini akan ditayangkan di seluruh dunia. Saat itu aku berpikir cerita tentang dua Korea ini bisa dikisahkan kepada penonton global karena akan membuat mereka penasaran," ujar sutradara Kim.

"Jadi Joint Economic Area, sebuah kota fiksi, secara khusus diciptakan untuk serial ini. Situasi Korea Selatan dan Utara adalah sesuatu yang ingin kujadikan fokus di serial ini. Dan jika hal tersebut terjadi di masa depan, jika ada pembicaraan soal reunifikasi di masa depan, dan jika memang benar-benar terjadi, aku ingin memasukkan aspek berupa harapan ke dalam serial ini," lanjutnya.

Money Heist Korea: JEA (L to R) Lee Hyun-woo as Rio, Kim Ji-hun as Denver and Lee Won-jong as Moscow in episode # 1 of Money Heist Korea: JEA. Cr. Jung Jaegu/Netflix © 2021Money Heist Korea: JEA (L to R) Lee Hyun-woo as Rio, Kim Ji-hun as Denver and Lee Won-jong as Moscow in episode # 1 of Money Heist Korea: JEA. Cr. Jung Jaegu/Netflix © 2021 Foto: Jung Jaegu/Netflix/Jung Jaegu/Netflix

Hal lain yang berbeda dari Money Heist versi original adalah pada topeng yang mereka pakai. Untuk Money Heist: Korea - Joint Economic Area, para perampok menggunakan topeng tradisional yang bernama topeng Hahoe.

"Topeng yang kami pakai membawa banyak pesan di serial ini. Di Spanyol, topeng Dali dipakai untuk membawa pesan perdamaian. Di Korea, kami menggunakan topeng Hahoe dari era Andong. Topeng Hahoe punya arti sendiri, yaitu berupa kritikan kepada para penguasa dan ada sedikit humor di dalamnya," ungkap Park Hae Soo yang memerankan sosok Berlin.

"Jauh sebelum syuting dimulai, kami dibuat penasaran dengan topeng seperti apa yang akan kami pakai. Dan ketika mendengar topeng Hahoe digunakan, aku terkejut karena topeng itu tidak biasa. Dia tersenyum lebar dan seperti membawa rasa humor dan misterius di saat yang bersamaan. Sehingga, topeng tersebut punya banyak sekali pesan," timpal Jun Jong Seo yang berperan sebagai Tokyo.

Money Heist: Korea - Joint Economic Area akan ditayangkan pada 24 Juni 2022 di Netflix.



Simak Video "Adegan Menegangkan di Teaser 'Money Heist: Korea' Bagian Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT