O Yeong Su Menang Golden Globe 2022 Bikin Bangga Presiden Korsel

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 11 Jan 2022 11:05 WIB
O Yeong Su
(Foto: dok. MBC) Kemenangan O Yeong Su di Golden Globe 2022 mengundang perhatian presiden Korea Selatan, Moon Jae In.
Jakarta -

Aktor O Yeong Su yang memerankan Oh Il Nam atau pemain nomor 001 di Squid Game berhasil memenangkan piala Golden Globe 2022. Presiden Korea Selatan, Moon Jae In, mengutarakan perasaan bangganya.

O Yeong Su sudah berkarier di industri hiburan sejak puluhan tahun sebelum akhirnya semakin terkenal berkat Squid Game. Ini merupakan piala Golden Globe pertama yang dia dapatkan sepanjang kariernya di dunia seni peran.

O Yeong Su memenangkan kategori Best Performance by an Actor in a Supporting Role in a Series, Limited Series, or Motion Picture Made for Television. Lee Jung Jae, lawan mainnya di Squid Game, juga dapat nominasi di kategori berbeda dalam ajang yang sama namun gagal meraih piala.

Presiden Korea Selatan Moon Jae In mengomentari kemenangan O Yeong Su di Golden Globe tahun ini.

"Saya ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih saya kepada aktor O Yeong-su yang dikenal sebagai Kakek Gganbu," kata Moon Jae In dikutip dari Korea Herald.

"Perjalanan akting dia lebih dari setengah abad akhirnya menembus batas dan perbedaan budaya, menciptakan kesan emosional yang luar biasa dan melekat di dunia," lanjut Moon Jae In.

Di usianya yang menginjak 77 tahun, O Yeong Su tercatat pernah mendapat empat penghargaan untuk karier aktingnya. Di antaranya Best Actor (Theater) Baeksang Arts Awards 1994, Best Actor Dong-A Theatre Awards 1979, Best Actor National Theater Association of Korea 2000, dan Best Actor Seoul Theater Festival 2006.

Kini meski sudah dikenal oleh penonton Netflix di seluruh dunia, O Yeong Su memilih tetap membumi. Dia bahkan sempat menolak tawaran untuk jadi bintang iklan sebuah produk.

Selain ucapan selamat untuk O Yeong Su, Presiden Moon Jae In juga memberi apresiasi kepada Squid Game, sutradara Hwang Dong Hyuk, dan aktor Lee Jung Jae.

"Pesan yang disampaikan Squid Game sangat berat. Di luar, Squid Game menunjukkan permainan ekstrem yang memisahkan pemenang dan pecundang. Tetapi ada pesan tersembunyi yang menceritakan kisah tidak kehilangan harapan dan kemanusiaan meskipun menghadapi kesulitan," tambah Moon Jae In.

"Saya ingin memberikan tepuk tangan kepada sutradara Hwang Dong Hyuk dan kru produksi, yang membuat kami bangga dan mengangkat status bangsa kami, dan juga kepada aktor Lee Jung Jae, yang memberi penampilan terbaiknya," tutupnya.

(aay/mau)