ADVERTISEMENT

Ikut Boikot, Lee Jung Jae Tak Hadiri Golden Globe Awards 2022

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Rabu, 05 Jan 2022 12:21 WIB
Jakarta -

Lee Jung Jae dinominasikan di kategori Best Performance by an Actor in a Television Series - Drama di ajang Golden Globe Awards 2022. Ia dinominasikan bersama Squid Game, yang akan bersaing di kategori Best Television Series - Drama juga Oh Yeong Su di Best Supporting Actor - Television.

Artist Company, sebagai manajemen Lee Jung Jae, belum lama ini mengungkap status kehadiran sang aktor ke ajang Golden Globe 2022. Mereka menegaskan sang aktor tidak akan hadir dan mengungkap alasannya.

"Lee Jung Jae sangat berterima kasih bisa dinominasikan di kategori Best Actor di ajang Golden Globe. Namun ia memutuskan untuk tidak menghadiri acara penghargaan," ungkap Artist Company.

"Lee Jung Jae melihat Netflix tidak berpartisipasi di ajang Golden Globes, seperti yang sudah dilaporkan. Ia juga memutuskan setelah melihat sejumlah faktor seperti situasi COVID-19 dan kewajiban karantina," lanjutnya.

Golden Globe Awards merupakan acara penghargaan Amerika Serikat di mana nominasi dan pemenang dipilih oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA), yang terdiri dari jurnalis film asing dari berbagai negara di dunia. Walaupun biasanya acara tersebut bertabur bintang dan dipandang sebagai prediktor Oscar, Golden Globe Awards mendapat kecaman selama beberapa tahun terakhir karena dugaan korupsi dan keragaman di antara anggota HFPA.

Akibatnya, Hollywood menyerukan boikot kepada Golden Globe Awards. Sejumlah bintang dan sutradara papan atas telah menyatakan niat mereka untuk menghadiri acara penghargaan tersebut, juga menerima penghargaan yang mungkin akan mereka menangkan.

Netflix, Amazon, hingga Warner Media telah mengumumkan posisi mereka yang tidak akan berpartisipasi dalam Golden Globe Awards atau bekerja sama dengan HFPA hingga permasalahan diselesaikan. NBC, sebagai TV yang selalu menyiarkan Golden Globe Awards, juga menarik diri untuk menayangkan acara tersebut.

Tak hanya itu, tudingan rasisme juga diangkat ketika Minari memenangkan kategori Best Foreign Language Film di Golden Globe Awards 2021. Padahal, film tersebut diproduksi oleh rumah produksi Amerika, ditulis dan disutradarai oleh seorang Korea-Amerika, dan berpusat pada pengalaman yang dirasakan oleh Korea-Amerika.

Golden Globe Awards saat itu mengatakan film Minari dinominasikan dalam kategori Best Foreign Laguange Film, dan bukan kategori utama film, karena separuh dari film tidak menggunakan bahasa Inggris.

Lee Jung Jae juga sebelumnya dikonfirmasi akan menghadiri Critics Choice Awards yang akan digelar di waktu yang sama dengan Golden Globe Awards. Namun ia membatalkan kehadirannya karena situasi pandemi COVID-19 yang kembali parah.

(dal/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT