ADVERTISEMENT

School 2021 atau Melancholia, Mana Lebih Menarik?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 26 Nov 2021 21:26 WIB
School 2021
(Foto: dok. KBS2) School 2021 atau Melancholia, Mana Lebih Menarik?
Jakarta -

Kisah anak sekolahan selalu menghiasi layar drama Korea setiap tahunnya. Yang sedang tayang saat ini adalah School 2021 dan Melancholia. Mana yang lebih menarik buat disaksikan?

School 2021 bagian dari waralaba ikonik

Setelah berbagai masalah dan penundaan tayang, drama Korea waralaba School dengan judul School 2021 akhirnya ditayangkan. Seperti deretan serial School yang terdahulu, wajah-wajah baru ditampilkan di sini.

School sudah jadi drama Korea anak sekolahan ikonik sejak KBS memproduksi serial perdananya yang tayang 1999. School kemudian dilanjutkan ke School 1 hingga School 4 di rentang 2000 hingga 2002. Setelah sebelas tahun absen, KBS kembali memproduksi School di 2013 yang dibintangi oleh Lee Jong Suk dan Kim Woo Bin.

Era baru School sejak ini. Tahun-tahun berikutnya, School terus hadir dengan berbagai cerita dan konflik anak sekolahan yang khas. Setelah School 2013 hadir School 2015 (Who Are You), lalu School 2017, dan kini School 2021.

Kim Woo Bin dan Lee Jong SukKim Woo Bin dan Lee Jong Suk Foto: Kim Woo Bin dan Lee Jong Suk (dok. ist)

Dari tahun ke tahun serial School selalu sukses melambungkan nama pemain-pemainnya, meski terhitung pendatang baru. Lewat serial ini nama-nama seperti Jang Hyuk, Dae Boo Na, Kim Rae Won, Ki Tae Young, Jo In Sung, hingga Lim Soo Jung meroket popularitasnya.

Kini di School 2021, KBS memasang wajah-wajah muda yang fresh. Kim Yo Han yang sebelumnya populer di panggung K-Pop sebagai member X1 dan WEi dipasang sebagai pemeran utama. Dia dipasangkan dengan Cho Yi Hyun yang sebelumnya dikenal sebagai dokter magang di Hospital Playlist.

Sinopsis School 2021

School 2021 adalah kisah siswa yang menghadiri Sekolah Menengah Khusus (SMK) dan mencari ambisi mereka, daripada pergi ke perguruan tinggi. Ini akan menyelidiki bagaimana para siswa ini belajar tentang cinta, persahabatan, gairah sejati, dan tumbuh dalam lingkungan yang intens.

Gong Ki Joon (Kim Yo Han), siswa pekerja keras yang mengambil pekerjaan dan sekolah secara bersamaan. Dia adalah orang yang kehilangan mimpinya 11 tahun sebagai atlet taekwondo karena cedera dan tidak yakin tahu apa yang harus dilakukan. Jeong Young Joo (Choo Young Woo), murid pindahan yang memiliki cerita tersembunyi dan hubungan masa lalu dengan Gong Ki Joon.

School 2021School 2021 Foto: dok. KBS2

Jin Ji Won (Jo Yi Hyun), seorang gadis SMA yang percaya diri dengan mimpi yang kuat, dengan percaya diri menyampaikan pendapatnya meskipun dia bertentangan dengan ibunya tentang kuliah. Kang Seo Young (Hwang Bo Reum Byeol), siswa berbakat yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi. Dia bertujuan untuk masuk salah satu dari lima universitas terbaik di Korea.

Lee Kang Hoon (Jeon Seok Ho), seorang guru yang menghargai keseimbangan kehidupan kerja. Dia secara bertahap tumbuh bersama murid-muridnya. Lee Jae Hee (Yoon Yi Re), keponakan ketua dewan, sementara Gu Mi Hee (Lee Ji Ha), saudara kembar Lee Jae Hyuk (Lee Sang Joon). Dia adalah orang yang pendiam dan berusaha untuk membuat banyak perubahan baru. Lee Jae Hyuk adalah kembaran Lee Jae Hee. Tidak seperti Jae Hee, Jae Hyuk adalah orang yang mendapat dukungan dari yayasan.

Melancholia juga tentang anak sekolahan

Drama Korea Melancholia di sisi lain bukanlah sebuah serial waralaba. Namun antara Melancholia dan School punya hubungan yakni sama-sama diperankan oleh Lim Soo Jung. Sang aktris main di serial School 4 (2001) sebagai Oh Hye Ra, salah satu murid di sekolah yang menjadi latar cerita.

Di Melancholia, Lim Soo Jung yang tentunya sudah tidak remaja lagi didapuk memerankan seorang guru matematika. Cerita yang dihadirkan dalam drama Korea yang disutradarai oleh Kim Sang Hyub (True Beauty) ini menghadirkan premis unik dari sudut pandang seorang jenius matematika. Sang jenius bernama Baek Seung Yoo yang diperankan Lee Do Hyun. Lim Soo Jung main sebagai Ji Yoon Su di sini.

Sinopsis Melancholia

Pemain Drakor MelancholiaPemain Drakor Melancholia Foto: Dok. tvN Drama

Melancholia berkisah tentang Baek Seung Yoo (Lee Do Hyun), seorang siswa SMA Asung yang sebenarnya jenius di bidang matematika, tapi pengalaman pahit masa lalu membuatnya kehilangan percaya diri dan menunjukkan gejala depresi. Di usia 10 tahun dia direkrut masuk MIT dan bisa memecahkan segala persoalan matematika sampai akhirnya sebuah kejadian traumatis membuatnya ogah buat menggeluti bidang itu lagi sampai dia memutuskan ganti nama.

Sial buat Seung Yoo, dia punya orang tua yang, seperti kebanyakan orang tua di drama Korea yang punya anak SMA, ambisius dan egois. Mereka bersikeras agar Baek Seung Yoo berjalan di jalur yang mereka inginkan dan memanfaatkan kejeniusan itu sebagai sebuah aset buat masa depan. Sial yang kedua, orang tua Baek Seung Yoo sama sekali tidak punya keinginan untuk setidaknya mengajak anaknya buat menjalani terapi atas trauma yang dialaminya.

Di tengah kondisi yang malang itu, takdir mempertemukan Baek Seung Yoo dengan Ji Yoon Soo (Lim Soo Jung). Sebenarnya mereka sudah "saling kenal" karena tergabung dalam sebuah grup chat para penyuka matematika. Tapi mereka berdua sama-sama tidak tahu identitas satu sama lain. Lewat sebuah kejadian klasik yaitu tas yang tertukar di kereta saat mereka menuju ke Seoul, mereka berdua berkenalan dan saling bertukar nomor telepon.

Pertemuannya dengan Yoon Soo membuat Seung Yoo merasa tidak lagi harus tenggelam dalam kesedihan dan kelamnya trauma yang sedang dia lawan. Yoon Soo seperti secercah cahaya dan harapan buat kehidupannya yang terlalu tertekan. Tapi kedekatan antara guru dan murid ini membuat hubungan keduanya jadi rikuh, bahkan tidak sedikit orang-orang di SMA Asung yang berusaha menjatuhkan mereka.

(aay/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT