5 Drakor yang Telan Anggaran Produksi Termahal, Capai Rp 653 M

Annisa Aninditha Pricilla - detikHot
Sabtu, 30 Okt 2021 09:35 WIB
Arthdal Chronicles
Foto: (Arthdal Chronicles/Instagram tvN)
Jakarta -

Drama Korea merupakan hiburan hampir semua orang yang sangat digandrungi saat ini. Untuk membuat sebuah serial drama yang bagus pasti memerlukan alur cerita yang menarik, desain produk yang mewah, aktor kelas A, desain set yang detail, efek CGI, lokasi syuting yang terkadang ke luar negeri, hingga pakaian modis.

Semua keperluan tersebut sudah pasti membutuhkan biaya yang sangat besar. Berikut sederet drama Korea dengan biaya produki termahal. Yuk, simak!

1. Arthdal Chronicles

[Gambas:Youtube]

Arthdal Chronicles menjadi drakor fantasi sejarah dengan biaya produksi tertinggi sepanjang masa sebesar 54 miliar won atau sekitar Rp 653 miliar. Drama ini sangat mahal karena memakai efek CGI, kostum para pemain, dan desain set yang sempat dituding memplagiat seri Game of Thrones.

Pemeran utama yang diperankan oleh aktor papan atas, seperti Song Joong Kid an Kim Ji Won tentu juga meningkatkan biaya produksi. Syuting juga sebagian dilakukan di Brunei dan membangun satu set bangunan khusus di Osan, Gyeonggi.

2. Mr. Sunshine

[Gambas:Youtube]

Mr. Sunshine juga menelan anggaran produksi yang sangat besar sebanyak 40 miliar won atau sekitar Rp 484 miliar untuk 24 episode. Sebagian besar biaya habis untuk menciptakan nuansa sejarah dan efek CGI untuk beberapa lokasi bersejarah.

Selain itu, Lee Byung Hun sebagai pemeran utama dikabarkan dibayar sebesar 150 juta won per episode. Meski menelan biaya fantastis, tapi Mr. Sunshine sukses raih rating tinggi dan menuai pujian dari para kritikus.

3. Kingdom 1&2

[Gambas:Youtube]

Selain Jirisan, drama yang dibintangi Ju Ji Hoon yang tidak kalah mahal adalah Kingdom 1&2. Drama ini mengeluarkan biaya hingga 35 miliar won atau sekitar Rp 423 miliar.

Kabarnya, satu episode bisa memakan biaya tiga miliar won yang menyebabkan drama horor ini hanya memiliki enam episode. Kim Seong Hun selaku sutradara pun pernah mengungkapkan bahwa awalnya Kingdom berisi 8 episode, tapi mereka menghabiskan banyak anggaran sehingga diperkecil menjadi enam episode.

4. Jirisan

[Gambas:Youtube]

Drama terbaru tvN yang baru mulai tayang ini mengeluarkan biaya produksi yang tidak kalah fantastis. Biaya yang dikeluarkan untuk mewujudkan drama ini sebesar 32 miliar won atau sekita Rp 387 miliar. Bagaimana tidak, deretan pemain papan atas, seperti Ju Ji Hoon dan Jun Ji Hyun yang menjadi pemeran utama tentu akan mendapat bayaran yang tidak murah.

Sinematografi yang memanjakan mata dan penggunaan CGI juga menambah kemahalan drama ini. Tidak hanya itu, pengisi soundtrack Jirisan pun juga sangat terkenal, seperti Taeyeon SNSD, Jin BTS, Paul Kim, dan masih banyak lagi.

5. The King: Eternal Monarch

[Gambas:Youtube]

The King: Eternal Monarch menjadi drama pertama Lee Min Ho setelah selesai menjalani wajib militer pada 2020. Dengan adanya Min Ho sebagai bintang utama, sudah pasti bayaran yang diterimanya sangat tinggi.

Itu salah satu sebab drama berlatar dua alam yang berbeda ini menelan biaya produksi sebesar 30 miliar won atau sekitar Rp 363 miliar. Selain itu penggunaan efek CGI yang apik, mobil mahal, perhiasan, kuda putih, dan desain set yang sangat mewah semakin membuat drama ini sangat mahal.



Simak Video "Rating Memuaskan 'Jirisan' di Minggu Pertama Penayangan"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)