Makna Tersirat dalam Dunia Penuh Kompetisi di Squid Game

Geralda Talitha - detikHot
Senin, 20 Sep 2021 17:39 WIB
Squid Game
Foto: dok. Netflix
Jakarta -

Sejak tayang 17 September lalu, Squid Game mencuri perhatian dunia karena kisahnya yang berbeda dari serial Korea pada umumnya. Serial original Netflix ini mencoba menawarkan genre thriller yang unik, namun tetap menegangkan lewat permainan yang biasa dilakukan anak-anak di Korea.

Di balik kisahnya yang bikin tegang, sebenarnya ada makna tersirat yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat saat ini. Ada beragam isu sosial yang biasanya dirasakan masyarakat yang diangkat dalam serial ini.

Seperti kesulitan membayar hutang, perlakuan tidak adil di dunia kerja, hingga kesulitan untuk membiayai hidup. Semua hal itu menjadi alasan 456 orang memutuskan mengikuti sejumlah permainan misterius demi mendapatkan uang 45,6 miliar Won.

Squid GameSquid Game Foto: (dok. Netflix)

SPOILER ALERT

Walaupun dominan bergenre thriller, Squid Game seolah mengajak kita untuk kembali mengingat masa kecil kita lewat beragam permainan anak-anak. Set yang dominan dengan warna-warna cerah membuat kita berpikir bahwa setiap permainan akan berjalan menyenangkan. Namun hal itu berubah menjadi ketakutan, saat game pertama dimulai.

Para peserta yang awalnya berambisi bisa memenangkan setiap permainan, berubah menjadi lebih waspada dengan hidup mereka di area permainan. Walaupun para peserta sempat meninggalkan area permainan, realita kehidupan yang begitu kejam memaksa mereka untuk kembali bertarung demi memenangkan 45,6 miliar Won.

Di awal mereka sempat bertindak layaknya makhluk sosial dengan menjaga satu sama lain agar bisa bertahan melewati setiap permainan. Tapi semua itu berubah, saat ambisi mereka untuk mendapatkan uang 45,6 miliar Won makin besar. Segala cara mereka lakukan untuk bisa bertahan hidup, salah satunya dengan menyingkirkan para pemain dengan cara sadis dan brutal.

Selain aksi thriller yang menegangkan, ada banyak pesan tersirat yang ingin disampaikan lewat serial ini. Salah satunya kerjasama. Di saat mereka dihadapkan dengan situasi genting, kerjasama menjadi hal penting agar mereka bisa bertahan hidup.

Hal ini diperlihatkan saat permainan tarik tambang. Strategi dari Oh Il Nam mampu menyelamatkan mereka dari serangan maut. Sikap berani, mampu membaca pergerakan lawan dan keputusan yang dilakukan Gi Hun dan Sang Woo seolah ingin menunjukkan kerjasama adalah faktor penting yang bisa menghantarkan kita meraih kesuksesan.

Squid GameSquid Game Foto: dok. Netflix

Karena berambisi memenangkan uang 45,6 miliar Won, kita juga bisa merasakan perubahan emosi dari setiap karakter. Seperti Gi Hun dan Sang Woo. Awalnya mereka berusaha untuk saling menjaga, namun mereka sadar kalau hal itu tidak akan membawa mereka menuju kemenangan.

Mau tidak mau, mereka memutuskan untuk mengkhianati rekan satu timnya demi keluar menjadi pemenang. Rasa percaya yang sudah dibangun, tergantikan dengan rasa ambisi hingga para peserta berani menyingkirkan satu sama lain dengan cara brutal.

Keputusan meminimalisir efek CGI, dirasa adalah keputusan tepat. Karena hal ini menjadi salah satu kelebihan Squid Game untuk bisa menciptakan langsung efek ketegangan sekaligus mengerikan yang dirasakan para peserta saat mempermainkan setiap permainan yang ada. Pemberian plot twist di akhir juga terlihat cerdas.

Sutradara Hwang Dong Hyuk seolah membiarkan kita untuk menikmati setiap permainan dan aksi brutal yang dilakukan para peserta di awal, tanpa memikirkan siapa dalang di balik permainan ini. Sehingga saat kita tahu identitas sang kreator dan tahu alasan permainan ini dibuat, kita pasti bakal bertindak seperti Gi Hun yang ingin membunuh sang kreator, tapi di satu sisi juga ikut merasa prihatin dengan kehidupannya.

Walaupun hanya sebagai cameo, karakter yang diperankan Gong Yoo dan Lee Byung Hun cukup berkesan dan berpengaruh besar dalam cerita Squid Game, sampai bikin kita penasaran soal alasan keterlibatan mereka dalam permainan ini. Alur yang cepat juga membuat kita tidak bosan untuk menantikan aksi ketegangan di setiap episodenya dan bikin kita penasaran siapa yang mampu bertahan mengakhiri permainan.

Lewat Squid Game, kita juga bisa melihat bagaimana kerasnya kehidupan orang dewasa yang selalu kompetitif dan rela melakukan apa saja, untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Squid Game sudah bisa kamu saksikan di Netflix.



Simak Video "Petinggi Netflix Bicara Soal Kemungkinan 'Squid Game 2'"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)