Drakor Racket Boys Dinilai Lecehkan Indonesia, Adegan Ini Jadi Sorotan

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 17 Jun 2021 10:58 WIB
Jakarta -

Racket Boys jadi salah satu drama Korea yang kini sedang tayang di SBS. Penayangan episode 5 drama Korea yang diperankan oleh Tang Joon Sang ini menuai kritik dari penonton Indonesia.

Lantaran dalam dialognya ada kalimat-kalimat dari skenario Racket Boys yang disebut melecehkan Indonesia. Yakni adegan ketika para pelatih dan pemain bulutangkis menumpahkan rasa kesal mereka ketika berkumpul di restoran.

Ceritanya saat itu mereka sedang berkompetisi dalam event olahraga internasional di Jakarta. Restoran hotel tempat mereka berbincang itu pun ceritanya sedang ada di Jakarta. Begini kutipan dialog dalam adegan tersebut yang kemudian menuai kritik:

"Kelakuan yang buruk," ujar sang pelatih sembari memukul meja.

"Pak, tenang. Bapak tahu ini bukan kali pertama," ujar salah satu atletnya.

"Kamarnya buruk sekali. Mereka (tuan rumah) berlatih di stadion dan kita dipaksa latihan di salah satu tempat latihan yang tidak terdapat AC. Si berengsek itu," kata sang pelatih lagi.

"Ada satu alasan. Han Se-yoon (salah satu pemain utama Korsel). Mereka ingin mengalahkannya apapun caranya. Jangan khawatir soal Se-yoon. Kita sudah menemukan strateginya," tutur sang pelatih lagi.

Dialog ini dinilai oleh penonton Indonesia gak menyudutkan terutama buat pihak panitia pelaksana bulutangkis. Akibatnya, penonton pun membanjiri kolom komentar media sosial SBS dan juga YouTube resmi stasiun televisi tersebut.

Tidak sedikit dari penggemar drama Korea yang selama ini kita tahu banyak sekali jumlahnya di Indonesia merasa kecewa. Mereka menilai adegan tersebut rasis.

"Tolong SBS jangan bicara atau menggambarkan Indonesia dari sisi negatif karena kalian bisa memicu opini yang melawan negara kami dengan kata-kata yang merugikan kami," tulis pengguna Instagram di kolom komentar SBS.

"Saya tunggu klarifikasi dan permintaan maafnya," komentar netizen lainnya.

--

dengarkan ulasan drama Korea di Podcast ngedrakor! detikcom

(aay/nu2)