The Penthouse 3 Dianggap Rasis usai Kemunculan Karakter Baru

Delia Arnindita Larasati - detikHot
Minggu, 13 Jun 2021 12:21 WIB
Penampilan Logan Lee di The Penthouse 3
Foto: dok. SBS
Jakarta -

The Penthouse 3 menayangkan episode terbarunya pada Sabtu (12/6). Namun, kemunculan salah satu tokohnya membuat drama ini dinilai rasis.

Alex diperkenalkan sebagai karakter baru di The Penthouse 3. Ia diceritakan berasal dari Amerika Serikat.

Dalam penampilannya, Park Eun Seok, pemeran sosok Alex, tampil dengan rambut dreadlock (gimbal) dengan aksen bicara layaknya AAVE (African American Vernacular English). Kedua ha terseut dianggap sangat menyinggung dan tidak pantas.

Tak lama setelah episode tersebut ditayangkan, penonton pun mengungkapkan kekecewaaannya terhadap The Penthouse 3. Tidak terkecuali Park Eun Seok sendiri yang pernah tinggal di New York selama 15 tahun sebelum kembali ke Korea Selatan.

Kontroversi tersebut juga sampai di telinga Park Eun Seok. Tak lama kemudian, ia pun langsung meminta maaf melalui pernyataan yang ditulis di TikTok.

"Tentang karakter Alex di drama Penthouse, aku ingin semua orang tahu tak ada satu pun penampilan dalam karakter Alex yang dimaksudkan dengan sengaja menyakiti, mengejek, tidak menghormati, atau pun mengecilkan hati komunitas Asia-Amerika," tulis Park Eun Seok.

"Aku ingin minta maaf kepada mereka yang tersinggung dengan penampilan karakter tersebut. Penampilan tersebut merupakan kekaguman terhadap budaya alih-alih ejekan. Namun aku sadar pendekatannya salah untuk sebuah perkembangan karakter," lanjutnya.

Park Eun Seok juga berterima kasih karena fans telah mengingatkannya. Ke depannya, ia berharap fans melihat karakter Alex dengan cara berbeda.

"Sekali lagi aku ingin meminta maaf kepada kalian yang tersinggung. Sebagai minoritas, seharusnya aku tahu lebih baik. Terima kasih karena telah memberiku kesempatan untuk menyadarinya," ujar Park Eun Seok.

"Aku berharap kalian bisa melihat bahwa penampilan Alex adalah sebuah bentuk kekaguman yang ingin ia tiru, bukan dengan sengaja mengejek," pungkasnya.



Simak Video "Catat! 'The Penthouse 3' Tayang 4 Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)