4 Adegan di Taxi Driver Ini Ternyata Adaptasi dari Kisah Nyata

Geralda Talitha - detikHot
Rabu, 28 Apr 2021 17:03 WIB
Taxi Driver
Foto: dok OCN
Jakarta -

Sejak awal penayangannya, Taxi Driver sudah mencuri perhatian kalangan pencinta drakor. Punya kisah yang unik tentang misi balas dendam yang dilakukan Ki Do Ki dengan menggunakan layanan taksi, membuat drama ini menyuguhkan aksi balas dendam yang berbeda dari biasanya.

Bukannya untuk membalas dendam sang karakter utama, lewat Rainbow Taxi seakan ingin memberikan harapan bagi kaum yang lemah untuk bisa mendapatkan keadilan dari orang-orang yang telah menyakitinya. Uniknya beberapa kasus yang diselesaikan Ki Do Ki Cs, ternyata diadaptasi dari kisah nyata yang pernah terjadi di Korea, lo!

Apa saja ya kasusnya? Simak dibawah ini.

Awas Spoiler Buat yang Belum Nonton Taxi Driver!

1. Kasus Pedofil Jo Do Chul

Di episode pertamanya, Taxi Driver langsung membahas tentang tersangka kasus pedofil Jo Do Chul yang akhirnya dibebaskan. Kasus Jo Do Chul ternyata pernah terjadi tahun 2008 silam dan sangat menggemarkan Korea Selatan saat itu.

Tersangka asli dalam kasus ini bernama Cho Do Soon. Dia dikenal sebagai pelaku kekerasan seksual pada anak berusia 8 tahun yang dilakukan di kamar mandi gereja di Ansan. Cho Do Soon dijatuhi hukuman 12 tahun penjara atas perbuatannya.

Saat pembebasan Cho Do Soon pada Desember tahun lalu, membuat masyarakat Korsel memprotes hukuman tersebut karena dianggap terlalu ringan untuk kejahatan seksual mengerikan yang menimpa anak di bawah umur.

2. Kasus Psikopat Nam Gyu Jung

Selain kasus pedofil, kasus pembunuhan berantai Jeong Nam Gyu juga diangkat di Taxi Driver. Dalam versi drama, tersangka yang bernama Nam Gyu Jung diceritakan adalah dalang pembunuhan ibu Ki Do Ki yang terjadi tahun 2017, ternyata juga diadaptasi dari kasus pembunuhan berantai yang pernah terjadi di Korea Selatan tahun 2004 hingga 2006.

Tersangka asli dalam kasus ini bernama Jeong Nam Gyu. Dia dikenal sebagai pembunuhan berantai yang meresahkan provinsi Gyeonggi Bucheon dan menewaskan 14 orang serta melukai 20 orang dan melakukan penculikan serta pelecehan seksual kepada orang-orang yang menurutnya lemah.

Motif pembunuhan yang dilakukannya hanya karena untuk kesenangannya saja. Dia dijatuhi hukuman mati atas perbuatannya. Namun akhirnya dia melakukan aksi bunuh diri.

3. Kasus Maria

Masih ingat dengan kasus Maria yang dianiaya di pabrik tempatnya bekerja? Kasus Maria terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi di 2014. Dalam versi asli, kasus penganiayaan ini dilakukan seseorang bernama Hong kepada karyawannya, Kim.

Dia kerap kali melakukan pelecana kepada penyandang disabilitas dan mengurung serta memaksa korban untuk bekerja 19 jam sehari tanpa istirahat dan tanpa dibayar selama 5 tahun. Kalau ada pekerja yang membatah, Tuan Hong tidak segan-segan memukul mereka dengan pipa besi. Kim berhasil diselamatkan setelah diam-diam mengirimkan surat kepada ibunya dan membuat Tuan Hong berakhir di polisi dengan hukuman 3 tahun 6 bulan penjara.

4. Kasus Penganiayaan Karyawan

Adegan penganiayaan karyawan yang ada di episode ke-5 drama Taxi Driver ini, sempat menghebohkan penonton. Karena, kisah yang ditampilkan ternyata juga diangkat dari kisah nyata yang pernah terjadi di tahun 2018. Dalam versi drama, Ki Do Ki menyamar sebagai pegawai baru untuk bisa masuk ke U Data untuk bisa menjalankan misi balas dendam salah satu karyawan yang dianiaya oleh atasannya, Park Yang Jin.

Versi aslinya, tersangka kasus ini bernama Yang Jin Ho, CEO perusahaan WeDisk dan pengembang robot K-Technology yang dikenal suka menganiaya karyawannya dan menyuruh para karyawannya untuk mewarna rambut dengan warna merah dan hijau, persis seperti yang digambarkan di Taxi Driver. Yang Jin Ho akhirnya ditangkap kepolisian provinsi Gyeonggi, setelah video penganiaayan terhadap karyawannya yang terjadi 2016 viral di media sosial pada tahun 2018.



Simak Video "5 Drama Korea Terbaru yang Tayang di Bulan April"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)