8 Drama Korea Bertema Musik buat Teman Ngabuburit

Geralda Talitha - detikHot
Rabu, 21 Apr 2021 16:20 WIB
Drama Korea bertema musik
Suka musik? Suka drama Korea? Deretan serial televisi di bawah ini menggabungkan dua kesukaan kamu itu. (Foto: dok. Mnet)
Jakarta -

Salah satu ciri khas drama Korea adalah kebiasaan para kreator menampilkan bidang pekerjaan yang unik. Penumpas iblis, sopir taksi yang buka jasa sampingan balas dendam, hingga penasihat mafia. Tidak jarang juga drama Korea menampilkan pemeran utama yang berprofesi sebagai seniman.

Musik di drama Korea nggak hanya tampil dalam soundtrack saja, tapi bisa jadi bagian dari cerita. Deretan drama Korea di bawah ini populer dengan unsur musik di dalamnya:

1. Do You Like Brahms?

Do You Like BrahmsDo You Like Brahms? Foto: Do You Like Brahms (dok. SBS)

Tahun 2020, SBS menghadirkan drama Do You Like Brahms? yang kisahnya kental dengan perjuangan Chae Song Ah, seorang mahasiswa yang ingin menjadi pemain biola. Mimpi itu sulit diwujudkannya lantaran banyak kendala yang menghampiri. Sampai akhirnya Song Ah bertemu seorang pianis terkenal, Park Joon Young. Selain kisah cinta Chae Song Ah dan Park Joon Young, kamu juga akan melihat kehidupan para mahasiswa jurusan musik klasik berbakat lainnya.

2. Do Do Sol Sol La La Sol

Drama Korea Do Do Sol Sol La La SolDrama Korea Do Do Sol Sol La La Sol Foto: Dok. KBS2

Kalau drama yang satu ini, berkisah tentang seorang pianis muda yang memutuskan untuk berhenti bermain piano, Gu Ra Ra. Kehidupannya tiba-tiba berubah 180 derajat, setelah sang ayah meninggal dunia dan harus kehilangan rumahnya. Sampai akhirnya Ra Ra tiba di sebuah desa dan bertemu dengan orang-orang yang memotivasi dirinya untuk kembali menata hidup dengan membuat tempat kurus piano di desa tersebut.

3. The Liar and His Lover

Drama 'The Liar and His Lover'Drama 'The Liar and His Lover' Foto: AllKpop

Drama yang diadaptasi dari serial Jepang ini menyoroti kehidupan produser musik berbakat, Kang Han Kyul yang dikenal sebagai penulis lagu-lagu hit untuk boyband Crude Play. Di satu sisi, ada pula Joy Red Velvet yang diceritakan sebagai siswa SMA yang miskin bernama Yoon So Rim. Sejak kecil, ia dibesarkan oleh neneknya.

Dia memiliki suara indah dan merupakan bagian dari band dengan dua temannya yang bermain bass dan drum. Yoon So Rim jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Kang Han Kyul saat dia secara tidak sengaja pada suatu waktu

4. Heartstrings

Drama Korea Park Shin HyeHeartstrings Foto: Istimewa

Heartstrings bercerita tentang Lee Kyu Won, mahasiswa jurusan musik tradisional Korea yang jatuh cinta dengan seorang penyanyi dan pemain gitar sebuah band, Lee Shin. Tapi cinta Lee Kyu Won membuat Lee Shin bimbang, lantaran dia harus memilih antara impiannya sebagai penyanyi atau cinta. Lewat Heartstrings, kamu akan melihat perpaduan unik antara instrumen tradisional dan modern yang mendominasi drama ini.

5. Dream High

Dream HighDream High Foto: dok KBS2TV

Tentu saja kalau kamu suka musik dan suka K-Pop, Dream High merupakan tontonan wajib. Drama Korea ini sangat populer pada masa penayangannya di tahun 2010 sampai-sampai dibuatkan konser perpisahan di episode terakhir. Para pemainnya pun datang dari kalangan idola K-Pop.

6. You're Beautiful (He's Beautiful)

Drama Korea Park Shin HyeYou're Beautiful Foto: Istimewa

Park Shin Hye menyamar sebagai laki-laki karena saudara kembarnya yang tergabung dalam sebuah band tiba-tiba menghilang. Dia pun terpaksa menggantikan sang kakak dan bergabung dalam band yang beranggotakan Jang Geun Suk, Lee Hong Ki, dan Yonghwa CNBLUE. Soundtrack drama Korea You're Beautiful juga dinyanyikan oleh para bintang utamanya.

7. Persevere, Goo Hae Ra

Drama Korea bertema musikDrama Korea bertema musik Foto: dok. Istimewa

Drama Korea yang tayang di Mnet ini menampilkan sederet penyanyi seperti Henry Lau dan Jinyoung B1A4. Pemeran utamanya, Min Hyo Rin dan Kwak Si Yang, dituntut untuk berakting sebagai karakter yang lekat dengan dunia musik.

Persevere, Goo Hae Ra berkisah tentang keinginan Hae Ra yang diperankan Min Hyo Rin buat jadi penyanyi dan ikut program audisi Superstar K2 bersama dua teman masa kecilnya. Perjalanan mereka hingga debut dan konflik yang mengikutinya ditampilkan di sini.

8. Beethoven Virus

Drama Korea bertema musikDrama Korea bertema musik Foto: dok. Istimewa

Drama 18 episode ini terkenal banget pada masanya. Disutradarai Lee Jae Kyoo dan diperankan oleh nama-nama yang mungkin sering kamu lihat di drama Korea sepanjang satu dekade: Kim Myung Min, Lee Ji Ah, dan Jang Geun Suk. Beethoven Virus berkisah tentang seorang maestro konduktor orkestra perfeksionis yang ditakuti oleh semua pemain orkestranya, lalu terlibat kisah cinta segitiga dengan dua di antara mereka.

(aay/aay)