Crash Landing on You hingga Kingdom, Daftar 5 Drakor Terfavorit

Geralda Rundengan - detikHot
Sabtu, 30 Jan 2021 08:07 WIB
Crash Landing on You
Foto: Crash Landing on You (dok. IMDB)
Jakarta -

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan yang juga bekerjasama dengan Yayasan Korea untuk Pertukaran Budaya Internasional resmi merilis survei hallyu, yang diberi nama Hallyu Wave, terkait dengan drama Korea paling populer secara internasional.

Sebanyak 8.500 responden yang menggemari konten budaya Korea ikut berpartisipasi dalam survey ini. Dari jumlah tersebut, terdapat 18 negara yang mengikutinya diantaranya Amerika Serikat, China, Jepang dan beberapa negara lainnya. Pertanyaan yang diberikan seputar budaya Korea yang di dalamnya termasuk acara TV, film, musik dan beragam topik lainnya.

Survey tersebut dilakukan secara online pada tanggal 24 November hingga 4 November 2020. Berdasarkan hasil survey, terdapat 5 drama yang menjadi tontonan paling favorit. Berikut daftarnya:

1.Crash Landing on You

crash landing on youcrash landing on you Foto: Dok. TvN

Kisah romansa antara Kapten Ri dan Yoo Se Ri ini berhasil mencuri perhatian penonton dunia. Kesuksesannya dibuktikan dengan posisi pertama dalam survei drama Korea terpopuler, dengan skor 9,5 persen. Di negeri asalnya pun, Crash Landing on You berhasil meraih rating rata-rata sebesar 12,8%.

Drama yang tayang di saluran tvN ini, juga banyak membawa piala kemenangan dalam sejumlah acara penghargaan bergengsi di Korea Selatan.

2. It's Okay to Not Be Okay

It's Okay to Not Be OkayIt's Okay to Not Be Okay Foto: It's Okay to Not Be Okay (dok. Netflix)

Posisi kedua diisi oleh drama arahan sutradara Park Shin Woo, It's Okay To Not be Okay, dengan perolehan skor sebesar 4,1 persen. Drama yang menjadi comeback dari Kim Soo Hyun ini, memang memiliki alur cerita yang menarik untuk diikuti.

Kisah Moon Gang Tae, Ko Moon Young dan Moon Sang Tae ini pun juga berhasil masuk menjadi salah satu nominasi untuk kategori best drama, dalam 7th APAN Star Awards 2021.

3. The World of The Married

Drama Korea The World of the MarriedDrama Korea The World of the Married Foto: Istimewa

Sementara drama bergenre melodrama, The World of Married, harus puas menduduki posisi ketiga dengan meraih skor 2,8 persen. Drama yang paling populer pada tahun lalu ini, juga berhasil masuk ke beberapa ajang penghargaan nasional Korea.

Begitu juga dengan akting dari para pemainnnya yang juga berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan di ajang bergengsi. Seperti pada tahun lalu, Kim Hee Ae memenangkan Best Actress dalam 56 th Baeksang Award.

4. Itaewon Class

Drama Korea Itaewon ClassDrama Korea Itaewon Class Foto: IMDb

Posisi selanjutnya diraih oleh drama Itaewon Class, yang memperoleh hasil skor yang sama dengan drama The World of Married, sebesar 2,8 persen. Itaewon Class memang menjadi salah satu tonton yang mendulang popularitas luar biasa pada awal tahun 2020 lalu dan berhasil memenangkan kategori Drama of The Year di 7th APAN Star Awards.

5. Kingdom

Kingdom Season 2Kingdom Season 2 Foto: Kingdom Season 2 (dok. Netflix)

Drama original Netflix, Kingdom, berada di posisi ke terakhir dengan meraih skor 2,5 persen. Drama yang dibintangi Ju Ji Hoon, Ryu Seung Ryong serta deretan nama populer lainnya ini, merupakan satu-satunya drama bergenre historical yang berhasil masuk menjadi drama terpopuler di dunia internasional.

Drama ini merupakan hasil adaptasi webcomic karya penulis Kim Eun Hee dan illustrator Yang Kyung il, yang juga berhasil masuk dalam kataegori Best Drama di ajang 56th Baeksang Arts Awards.



Simak Video "Drama 'Crash Landing on You' Akan Dibuat Versi Musikal"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/dal)