5 Fakta Drama Korea SF8, Cinta Terlarang hingga Isu Agama

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 09 Okt 2020 19:10 WIB
SF8
Foto: dok. MBC
Jakarta -

SF8 adalah drama Korea yang tayang di MBC dalam konsep antologi. Satu musim drama Korea SF8 terdiri dari delapan episode yang menampilkan kisah dan isu yang berbeda-beda.

Terinspirasi dari serial Black Mirror, SF8 menghadirkan cerita yang futuristik. Sederet isu pun diangkat mulai dari cinta terlarang dan isu agama. Berikut beberapa fakta dalam cerita drama Korea SF8.

Sambil membaca fakta-fakta drama Korea SF8, dengarkan ulasan dari Podcast ngedrakor! detikcom juga dengan play di bawah ini:

1. Cinta terlarang

Meski punya konsep masa depan dengan teknologi canggih dan AI, unsur cinta dan perasaan tetap hadir di SF8 seperti kebanyakan drama Korea lainnya. Namun dalam drama ini dihadirkan hubungan yang rumit antara sebuah robot perawat dengan wali dari pasien yang sedang dirawatnya.

Kisah ini ditampilkan dalam episode 1 SF8 yang berjudul The Prayer. Bercerita tentang sebuah robot perawat yang dibekali teknologi canggih namun terjadi malfungsi sehingga dia mulai bisa merasakan perasaan terhadap manusia.

2. Isu agama

Isu agama juga jadi salah satu yang diangkat dalam SF8. Bahkan ditempatkan di episode pembuka yaitu The Prayer. Salah satu tokoh dalam episode ini bernama Sabina, seorang biarawati yang menawarkan bantuan konsultasi via telepon untuk pasien atau wali pasien di rumah sakit.

3. Hubungan sesama jenis

Salah satu episode SF8 berjudul Joan's Galaxy. Dalam episode ini ditampilkan hubungan dua orang perempuan yang berawal dari pertemanan yang canggung kemudian berkembang jadi hubungan yang cukup rumit di antara keduanya. Mulai ada perasaan yang tumbuh seiring dengan pertemuan demi pertemuan mereka.

Joan's Galaxy bercerita tentang kehidupan manusia ketika Bumi dipenuhi oleh debu-debu halus. Masing-masing orang masuk ke dalam kelas sosial dengan label yang berbeda dengan rentang harapan hidup yang juga berbeda.

4. Aplikasi ramalan

Belakangan ini orang-orang banyak membicarakan soal astrologi. Di SF8, ramalan bintang diberikan lewat sebuah aplikasi bernama Manxin. Hal ini menjadi inti cerita di episode 4. Manxin adalah sebuah aplikasi di ponsel yang bisa memberikan ramalan harian dengan tingkat keakuratan luar biasa. Sehingga orang-orang pun lebih percaya Manxin sebagai takdir.

5. Operasi plastik

Permasalahan operasi plastik juga ditampilkan dalam SF8. Di episode Love Virtually yang diperankan Choi Siwon dan Uee, diceritakan bahwa masing-masing karakter tersebut telah melakukan operasi plastik. Uniknya, wajah hasil operasi plastik yang mereka lakukan diputuskan oleh kecerdasan buatan (AI) sehingga bisa jadi ada orang lain juga punya wajah persis sama dengan mereka.

Dalam episode Love Virtually diceritakan dalam sebuah aplikasi kencan empat dimensi, orang-orang bisa bertemu dengan siapa saja dan kemudian berkencan. Siwon dan Uee menghadirkan wajah asli sebelum operasi plastik mereka di dalam aplikasi tersebut kemudian jatuh cinta.

SF8 bisa disaksikan di Viu.

(aay/doc)