Penulis Ungkap Kesulitan dalam Produksi Do You Like Brahms?

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Senin, 28 Sep 2020 10:08 WIB
Do You Like Brahms
Foto: Do You Like Brahms (dok. SBS)
Jakarta -

Do You Like Brahms? adalah salah satu drama Korea yang sedang tayang di SBS. Mengambil tema yang cukup berbeda dari drama Korea kebanyakan yaitu cerita hidup musisi klasik.

Do You Like Brahms? bercerita tentang Park Joon Young (diperankan oleh Kim Min Jae) yang adalah seorang musisi klasik profesional dan terkenal. Sejak remaja hidupnya dihabiskan buat belajar piano hingga di usia 29 tahun jadi sosok yang sudah menggelar konser di berbagai belahan dunia.

Kontras dengan Park Joon Young, ada Chae Song Ah (diperankan oleh Park Eun Bin). Perempuan berusia 29 tahun yang bermimpi jadi pemain biola profesional. Sayangnya dia tidak tumbuh besar dengan musik klasik namun belajar musik di usia yang cukup terlambat.

Perbedaan latar belakang antara dua karakter utama inilah yang ingin ditekankan penulis skenario Ryu Bo Ri dalam cerita Do You Like Brahms? dalam perjalanan cerita. Dipilihnya dunia musisi klasik sebagai benang merah dari kisah Joon Young dan Song Ah adalah untuk menggarisbawahi soal kecintaan dua karakter tersebut terhadap musik.

"Aku ingin fokus pada anak-anak muda yang sepanjang hidupnya hanya tahu musik dan sekarang mereka berada di titik untuk melangkah pertama ke dunia, momen mereka merasa tidak sabar tapi juga takut akan apa yang bisa saja terjadi," katanya dalam sebuah wawancara.

Penulis skenario Ryu Bo Ri memiliki latar belakang sekolah musik. Namun hal ini ternyata tak membuatnya jadi lebih mudah dalam proses pengembangan cerita dan penulisan naskah Do You Like Brahms?

"Karena aku sekolah musik, mungkin banyak yang berpikir akan mudah buatku menulis drama ini. Tapi sebenarnya sulit sekali, karena akan ada kemungkinan aku menulisnya seperti karya dokumenter," komentarnya.

Untuk menghindari hal tersebut, dia pun perlu menambahkan detail-detail faktual dalam Do You Like Brahms? dan juga dibantu oleh para ahli.

"Aku berusaha untuk menyatukan detail-detail faktual sehingga terasa dijahit dengan mulus. Aku juga menerima banyak bantuan dari para ahli," katanya.

Episode baru Do You Like Brahms? akan tayang malam ini Senin (28/9/2020). Drama ini sekarang sudah memasuki pertengahan musim.

(aay/doc)