detikHot

kdrama

Staf 'Encounter' dan 'Hotel del Luna' Tak Terima Upah Sejak Tahun Lalu

Selasa, 16 Jul 2019 12:41 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: Dok. tvN Foto: Dok. tvN
Jakarta - 'Encounter' mendulang kesuksesan saat ditayangkan 2018 lalu. Kini drama tvN lain, 'Hotel del Luna' tampaknya akan mengikuti kesuksesan pendahulunya.

Namun di balik kesuksesan tersebut, ada staf yang melayangkan protesnya. Anggota dari Human Art, tim yang bekerja di bagian properti, mengaku masih belum dibayar hingga kini.

Salah satu member membuat postingan online bertajuk 'Tim 'Hotel del Luna' harus membayar 22.5 juta Won (Rp 266 juta).' Pada postingannya, ia mengaku masih belum dibayar sejak memulai produksi dengan 'Encounter'.

"Sejak April atau Mei tahun lalu, sebelum produksi 'Encounter' dimulai, aku bekerja untuk sebuah web drama kecil, dan pembayaran waktu itu juga mundur. Tak sekali pun aku dibayar tepat waktu. Bayaranku selalu ditunda sejak November tahun lalu. Dan jika aku terus bekerja, upah yang belum kuterima juga semakin meningkat. Jadi aku keluar," ungkapnya.

Pada Maret 2019 lalu, ia sudah mengirimkan petisi kepada Kementrian Ketenagakerjaan. Namun, CEO Human Art memintanya untuk membatalkan petisi, dan berjanji akan membayar utang mereka pada April atau Mei. Namun sang staf menolak, dan semakin mendapatkan ancaman dari CEO tersebut.

"Saat kau melaporkan hal ini kepada Kementrian Ketenagakerjaan, kita sudah bicara di telepon kan? Aku memintamu membatalkan petisi. Dan kalau sudah, kami akan membayar penuh antara Maret hingga April. Tapi kau tak mau. Jadi ini yang kubilang ke manajer, untuk membayarmu lebih lambat dari yang seharusnya. Maaf kami tak bisa membayar lebih cepat, tapi karena kau tak kooperatif, maka kami juga bisa melakukan hal yang sama," tegas pihak Human Art melalui pesan singkat yang dikirimkan ke staf tersebut.

Dalam postingan online, sang staf pun mengklarifikasi bahwa pihak 'Encounter' sudah membayarkan upah kepada Human Art. Namun, CEO Human Art sama sekali tak memberikannya kepada staf yang terlibat.

"Orang seperti ini yang memimpin tim properti untuk drama IU 'Hotel del Luna'. Pihak produksi 'Encounter' sudah melengkapi pembayaran kepada Human Art. Tapi mereka tak memberikan bayaran kepada pekerjanya. Kami sudah memberikan peringatan kepada Human Art lewat perusahaan produksi untuk menyelesaikan isu ini secepat mungkin," pungkas sang staf.






Simak Video "Cinta Laura Akan Manggung Bareng NCT 127 di Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(dal/tia)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com