detikHot

hottainment

Glenn Fredly Pernah Keluarkan Album Religi Islami 'Hidayah'

Rabu, 08 Apr 2020 22:01 WIB Erwin Dariyanto - detikHot
Glenn Fredly saat menghadiri press conference Tanda Mata Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya Glenn Fredly Pernah Keluarkan Album Religi Islami (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Musisi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu malam, 8 April 2020. Pria yang bernama asli Glenn Fredly Deviano Latuihamallo itu disebut menghembuskan nafas terakhirnya akibat sakit meningitis.

Kiprah pria kelahiran, Jakarta 30 September 1975 itu di dunia musik tak diragukan lagi. Glenn Fredly terkenal dengan karya yang bernuansa R&B, pop, dan jazz. Tembang-tembangnya banyak cinta. Sejumlah karya hitnya antara lain: Kasih Putih, Januari, Sekali Ini Saja, Terpesona feat Audy, Sedih Tak Berujung, Akhir Cerita Cinta, Cukup Sudah, Terserah, dan Tersimpan.

Rupanya selain lagu bernuansa cinta, Glenn yang non muslim ini punya keinginan merilis lagu bertema religi islami. Dan keinginan itu terwujud pada 2016. Dikutip dari CNNIndonesia.com, Glenn pada 2 Juni 2016 merilis album religi bertema 'Hidayah'.

Dalam konferensi pers saat rilis album tersebut Glenn Fredly mengatakan meski dia bukan muslim, namun ia percaya Hidayah bisa menjadi pemersatu, terutama di Indonesia. Dia tak ingin konflik horizontal akibat isu SARA terjadi di Indonesia.

"Musik itu sebuah kekuatan universal, juga sebagai alat komunikasi. Kalau ini enggak pernah dibicarakan, maka enggak ada jalan keluar. Saya sebagai musisi harus berdiri di atas semua golongan," kata Glenn ketika itu.

Ada filosofi unik dalam album Hidayah yang diproduksi oleh Bumi Entertainment dan Royal Prima Musikindo (RPM) ini. Itu terlihat dari lagu-lagunya yang mengusung beragam aliran musik: pop, soul, R&B, hip hop. Seolah dia ingin menunjukkan wajah Bhineka Tunggal Ika dalam albumnya.

"Kalau di Maluku ada yang namanya pela gandong [kandung]. Di mana muslim sebagai kakak dan kristiani sebagai adik. Jadi bagi saya, ini seperti persembahan dari adik untuk kakak," kata Glenn.

Dalam album ini, Glenn melibatkan sejumlah musisi senior, yaitu Indra Lesmana, Rieka Roeslan dan Yuni Shara. Ada juga musisi junior, Achi Harahap, Havis Della MC, Kunokini, dan Kamila.

Tahun 2017 Glenn kembali membuat album religi. Kali ini dia berkolaborasi dengan Tompi membuat album, 'Agamamu Agamaku'. Melalui album ini, dia berpesan, biarkan ada perbedaan, tapi tetap hidup dalam kebersamaan, harmonis dalam kebhinekaan.

Pada Rabu malam Glenn Fredly meninggal dunia. Selamat jalan Bung..!

Tonton video 'Glenn Fredly Tutup Usia, Dengarkan Lagi Deretan Lagu Hitsnya':

[Gambas:Video 20detik]




Simak Video "Karier Judika yang Melejit Berkat Lagu-lagu Glenn Fredly"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com