detikHot

Hollywood Hot Profile

Riz Ahmed Berharap SARA Tak Jadi Penghalang Kariernya di Hollywood

Jumat, 23 Des 2016 15:02 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images
Jakarta - Sebagai keturunan Pakistan, tak jarang Riz Ahmed mendapatkan diskriminasi. Tak hanya ketika bermasyarakat, di dunia akting pun aktor kelahiran Inggris itu juga mendapatkan perlakuan yang sama.

Dalam wawancara yang kerap dilakoninya, hal yang pertama kali dibahas bukanlah soal akting. Namun, tak sedikit awak media yang memulai pertanyaan soal suku, agama dan ras.

"Kurasa awalnya aku memilih untuk tak peduli. Perasaan itu mulai muncul ketika aku semakin bertambah tua. Ketika kau, misalnya, aktor muda berkulit putih, dan aktingmu bagus, pasti mereka akan mulai percakapan dengan bilang, 'Kau adalah aktor yang luar biasa!' Dan selanjutnya wawancara akan berjalan seperti, 'Oh, wow aktingmu bagus. Bisa ceritakan soal aktingmu? Bagaimana awalnya kau memulai karier di dunia akting?'" ujar Riz.

"Aku sudah muncul di tiga atau empat film. Dan orang-orang masih bertanya seperti, 'Bagaimana rasanya jadi seorang Muslim?' Pertanyaan ini sangat menggangguku. Sangat, sangat mengganggu. Maksud dari pertanyaanmu itu seperti tak bisa melihatku sebagai seseorang yang bekerja di dunia kreatif, atau aktor, atau mungkin manusia," lanjutnya.

Sebelumnya, Riz pernah menulis sebuah esei yang terangkum dalam sebuah buku bertajuk 'The Good Imigrant'. Dalam tulisannya, ia merasa seperti memakai kalung berlabel di leher. Ia merasa tak bebas karena semua orang melihat 'label' yang ada pada dirinya sebelum melihat bakat luar biasa yang ia miliki.

Lalu setelah bermain di sejumlah film besar seperti 'Rogue One: A Star Wars Story', apakah Riz kini merasa lebih bebas?

"Dulu kenyataan yang aku hadapi sangat bertolak belakang dengan sekarang. Setiap aku akan bepergian dengan pesawat, aku langsung digeledah. Terakhir kali aku kembali dari Los Angeles, aku benar-benar digeledah. Sudah biasa. Kemudian mereka akan melakukan penggeledahan kedua. Namun kini, aku masuk ke pesawat dan membaca majalah yang disediakan oleh pesawat. Dan, aku berada di sampul depannya," tutup Riz sambil tersenyum.

Baca juga: Riz Ahmed, Aktor Muslim Keturunan Pakistan yang Tampil di 'Rogue One'


(dal/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com