detikHot

Hollywood Hot Profile

Riz Ahmed, Aktor Muslim Keturunan Pakistan yang Tampil di 'Rogue One'

Jumat, 23 Des 2016 14:18 WIB Delia Arnindita Larasati - detikHot
Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images
Jakarta - Selama beberapa tahun terakhir, nama Riz Ahmed kerap terdengar di sejumlah film besar seperti 'Nightcrawler' hingga 'Jason Bourne'. Kini, aktor kelahiran Inggris tersebut ditunjuk untuk membintangi 'Rogue One: A Star Wars Story'.

Ahmed tak pernah menyangka kariernya di dunia akting akan sebesar ssekarang. Walaupun sudah beberapa kali tampil di sejumlah pertunjukan drama saat kuliah di Oxford, namun aktor berusia 34 tahun itu tak pernah kepikiran untuk masuk ke sekolah khusus drama.

"Aku punya teman, satu-satunya cewek kulit hitam di Inggris yang kukenal selama bertahun-tahun bersekolah di Oxford. Ia mengirim email padaku dan bilang, 'Aku melihatmu bermain di sebuah drama belum lama ini dan aku berharap kau akan berkarier di dunia akting.' Tak ada satu pun yang berkata seperti itu kepadaku sebelumnya," kenang Riz.

Berkarier di dunia akting tak pernah terlintas di pikirannya karena berbagai macam stereotip yang beredar di publik soal suku, ras dan agama yang dianutnya. Namun keberanian Riz tak disangka menuntunnya untuk bisa sukses seperti sekarang.

"Saat menonton film kau merasa, 'Tak ada tempat bagimu di dunia akting.' Pesan itu yang selalu kudapat setiap menonton TV, atau membaca majalah. Kau bukan bagian dari budaya ini. Kau tak seharusnya berada di sini. Kurasa sekolah drama adalah ide yang buruk. Tapi aku berpikir, 'Masa bodoh! Biarkan aku mencoba mendaftar di salah satunya'," lanjutnya.

Riz Ahmed, Aktor Keturunan Muslim Pakistan yang Tampil di 'Rogue One'Foto: Stuart C. Wilson/Getty Images

Saat itu, Riz bahkan tak bisa membayar untuk masuk sekolah drama. Hingga pada suatu hari, keberuntungan datang kepadanya.

"Thelma Holt (seorang produser teater) melihatku di sebuah pertunjukan drama dan bilang, 'Aku akan memberimu uang!' Dan tiba-tiba aku dikirimi sebuah cek. Ini semua terjadi karena keberuntungan. Dan kurasa aku bisa mendapat bantuan seperti itu karena aku berada di Oxford. Aku mendaftar hanya karena seorang gadis. Aku seharusnya benar-benar tak ada di sini. Sungguh gila. Dan ini bukan tragedi aktor kelas tinggi atau aktor asia atau aktor kulit hitam. Ini soal tragedi dengan siapa kita berkomunikasi di masyarakat," tambah Riz.

Kini setelah sukses melawan semua stereotip yang beredar di masyarakat soal keyakinannya, Riz berharap banyak kaum yang merasa dirinya minoritas untuk memberanikan diri melakukan apa yang mereka inginkan. Karena berkaca darinya, tak ada yang tahu siapa orang yang akan ditemui saat di perjalanan, dan kemana mereka akan membawanya.

"Pikir saja, ada banyak sekali orang berbakat yang kita lewatkan. Banyak orang yang tak mendaftar sekolah drama, atau Guardian, atau Partai Buruh atau apapun itu karena mereka merasa tak akan diterima," pungkasnya.

Perjalanan Riz Ahmed di dunia akting masih akan dibahas di artikel Hollywood Hot Profile selanjutnya. Jangan sampai kelewatan, ya!
(dal/kmb)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com