ADVERTISEMENT

TikTok Jadi Ladang Berkah Buat Orang Biasa hingga UMKM

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Selasa, 16 Agu 2022 19:44 WIB
Kattoen
(Foto: dok. Kattoen) TikTok Jadi Ladang Berkah Buat Orang Biasa hingga UMKM
Jakarta -

Popularitas TikTok di Indonesia kini luar biasa. Banyak tren konten yang ramai dibicarakan di media sosial lain seperti Twitter dan Instagram datang dari TikTok. Dengan beragam kreativitas dari para kreator, TikTok jadi salah satu sumber hiburan orang-orang saat ini.

Tak hanya itu, TikTok juga jadi ladang berkah buat sederet nama yang tengah naik daun di platform tersebut. Konten yang mereka buat jadi cuan. Tidak sedikit juga brand yang memanfaatkan media sosial itu buat mempromosikan produk mereka.

Akun TikTok @cahyanirynn salah satu yang populer dan kini sudah diikuti 18,6 juta akun. Konten video yang ditampilkannya bermacam-macam mulai dari hal-hal lucu, curhat, hingga joget. Kebanyakan konten TikTok cahyanirynn tampak direkam dengan menggunakan handphone sehingga terasa dekat dengan konten sehari-hari. Satu video TikTok cahyanirynn bisa viral hingga ditonton 4 juta kali. Dengan pengikut sebanyak itu, akun @cahyanirynn tentu sangat mudah buat mendapat cuan dari endorse.

Selain itu, ada notnot8. Punya wajah yang imut dan hobi main game menjadi daya tarik buat notnot8 di TikTok. Seperti halnya akun TikTok kebanyakan, notnot8 juga tak ragu-ragu buat berjoget. TikTok jadi etalase video seru-seruannya di luar gaming dan diikuti lebih dari 16,4 juta pengikut. Dengan kualitas video yang prima dan filter oke, TikTok notnot8 seolah tak pernah sepi penonton. Tentunya, dia juga tak pernah sepi endorse dan selalu ketiban rejeki.

Selain akun personal, TikTok juga jadi ladang cuan buat akun brand lokal seperti @kattoen. Dengan memanfaatkan promosi dan fitur yang ditawarkan TikTok, brand UMKM asal Malang ini dapat menggenjot penjualan mereka hingga 50 persen.

Kattoen merupakan brand fashion yang mulai merambah bisnis online sejak 2018. Awalnya, mereka hanya fokus melakukan penjualan di website sendiri. Namun, tren TikTok seolah tak bisa dihindari karena semua orang dari berbagai usia main media sosial itu.

"Nah di awal 2022 ini kami kemudian menyadari betapa pentingnya menggunakan media sosial TikTok. Aplikasi ini memang tengah booming beberapa waktu belakangan dan digunakan oleh jutaan masyarakat Indonesia terutama di usia produktif. Di Februari 2022 kami coba masuk ke sana," jelas Rizky Setyo Owner Kattoen.

Kattoen akhirnya memproduksi konten video buat promosi produk mereka. Tak sia-sia, omzet mereka naik berkali-kali lipat. Hal itu tentu saja menjadi keuntungan yang luar biasa bagi Kattoen karena produk mereka bisa lebih dikenal di segmen yang lebih luas.

Rizky menambahkan TikTok juga cukup mudah digunakan untuk pelaku UMKM. Selain jadi ladang konten, TikTok juga jadi tempat nongkrong visual anak muda. Fitut TikTok Shop pun kini memudahkan pelaku UMKM buat berjualan.

"Fitur pada TikTok juga membantu kami para pelaku usaha untuk meningkatkan engagement dengan konsumen. Para konsumen bisa bertanya di sana dan kami bisa menjawabnya langsung. Jadi komunikasi jadi lebih mudah," ungkap Rizky.

Ia pun berharap melalui aplikasi itu, Kattoen bisa terus berkembang dan menemukan market baru. Rizky juga mengimbau supaya para pelaku usaha khususnya UMKM untuk selalu adaptif terhadap perubahan yang sangat cepat ini.

(aay/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT