Erick Thohir Buka Pameran Tunggal Srihadi Soedarsono

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 11 Mar 2020 21:21 WIB
Srihadi Soedarsono
Foto: Agnes/detikHOT
Jakarta -

Menteri BUMN, Erick Thohir, resmi membuka pameran tunggal maestro Srihadi Soedarsono. Pembukaan pameran bertajuk 'Man x Universe' digelar malam ini di depan Gedung A, Galeri Nasional Indonesia.

Menteri BUMN ke-9 Kabinet Indonesia Maju itu menuturkan tahun ini merupakan momen spesial karena masyarakat bisa menyaksikan karya pejuang kemerdekaan Indonesia.


"Alhamdulillah tadi dalam pembicaraan bersama Pak Srihadi kita bicara soal menjadi Indonesia Maju, ada dua komponen yang tak boleh dilupakan. Yakni cinta dan alam," kata Erick Thohir saat pembukaan pameran, Rabu (11/3/2020).

Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi negara maju tanpa mencintai karya seni dan budayanya.

"Saya lihat inilah kekuatan bangsa kita sampai hari ini. Istilah gotong royong karena saling mencintai. Tadi yang Pak Srihadi bilang tanpa pamrih dan tulus," ucap Erick Thohir.

Hal kedua yang disebut Erick Thohir adalah alam. "Padahal yang dilihat yang maju sekarang adalah alam kita dan sumber daya alam, apakah itu batubara, minyak, dan lain-lain. Yang harus dijaga untuk tambahan industri pariwisata," ujarnya.

Di akhir sambutan, Erick Thohir memuji lukisan-lukisan lanskap yang dilukis Srihadi Soedarsono sepanjang kariernya. Bahkan seri Borobudur maupun pemandangan alam disebutnya yang berbeda dari pelukis kebanyakan.


"Alhamdulillah saya mendapat kesempatan luar biasa membuka pameran tunggal 'Man x Universe', kalau dibedah karya Pak Srihadi nggak bakal habis sampai besok," ucap Erick Thohir terkekeh.

Pameran tunggal Srihadi Soedarsono dibuka di Gedung A, Galeri Nasional Indonesia, sampai 9 April 2020.



Simak Video "Alasan Erick Thohir Minta Garuda Kembalikan 12 Pesawat Bombardier"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)