Begini 3 Tahapan Revitalisasi TIM sampai Tahun 2021

Tia Agnes - detikHot
Senin, 25 Nov 2019 12:13 WIB
Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) saat ini tengah direvitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta. Masjid Amir Hamzah yang bersejarah hingga Graha Bhakti Budaya akan dirubuhkan dan menjadi bangunan baru.

Proses revitalisasi TIM dimulai pada Juni 2019 lalu dan membutuhkan 3 tahap pengerjaan. Revitalisasi tahap pertama yang dilaksanakan pada Juni 2019 akan dimulai dari area pintu masuk, Masjid Amir Hamzah, dan Gedung Perpustakaan.

Tahap pertama akan beroperasi pada Desember 2019 dan gedung perpustakaan mulai beroperasi setahun berikutnya pada Desember 2020.

Tahap kedua dimulai Januari 2020. Ada Wisma TIM, asrama mahasiswa dan seniman yang selesai Juni 2021.



Tahap ketiga, PT Jakpro akan merevitalisasi gedung Planetarium, Galeri Cipta II, Gedung PDS HB Jassin, dan Graha Bhakti Budaya pada Januari 2021. Pengerjaan akan selesai pada Juni 2021.

Begini 3 Tahapan Revitalisasi TIM sampai Tahun 2021Foto: Pradita Utama


Andra Matin dipercaya oleh Pemprov DKI Jakarta sebagai arsitek bagi proses revitalisasi TIM. Dalam video yang diunggah Pemprov DKI Jakarta soal revitalisasi TIM setahun lalu, Andra mengatakan bangunan TIM yang dibangun pada 1968, dari sisi bangunan sangat baik, 'guyub', inklusif, dan bangunan yang terbuka.

"Di mana waktu zaman itu, para seniman sangat gampang untuk mereka seperti tidak ada border antar seniman dengan seniman, antara seniman dengan masyarakat, antara seniman muda dengan seniman tua," kata Andra Matin.



Dia bersama timnya ingin napas itu terulang kembali di bangunan TIM yang baru.

"Dan kami ingin napas itu atau soul itu berulang kembali kepada TIM yang baru ini. Kami melihat ada beberapa bangunan yang cukup baru seperti Teater Jakarta kita keep. Kemudian, ada juga Planetarium dengan sejarahnya dan fungsi yang cukup baik," pungkas Andra.




Simak Video "Yuk, Intip Proses Revitalisasi Taman Ismail Marzuki"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)