Hobi Unik Rod Stewart Bangun Diorama Selama 23 Tahun

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 14 Nov 2019 19:07 WIB
Rod Stewart dan hobi dioramanya. Foto: Instagram Rod Stewart
Jakarta - Untuk urusan membuat lagu tentunya nama Rod Stewart tak diragukan lagi, namun siapa sangka ternyata musisi 74 tahun itu memiliki hobi unik yang bikin kagum.

Sir Rod memiliki hobi membuat diorama kota lengkap dengan jalanan, gedung dan jalur kereta di dalamnya. Bahkan untuk menciptakan karya yang disebutnya Three River City, ia menghabiskan waktu lebih dari 23 tahun.

Dalam wawancaranya bersama majalah Railway Modeller, ia pun membuka hobi uniknya tersebut.

"Banyak orang yang tertawa melihatnya dan mengatakan itu hobi yang bodoh, namun (bagiku) itu adalah hobi yang mengagumkan," tuturnya.

Tak tanggung-tanggung, ia membuat sebuah model dari kota New York dan Chicago pada 1945. Hebatnya lagi selama mengerjakan diorama tersebut, ia masih sempat merilis 13 album dan 19 tur.

"90 persen (dari diorama tersebut) aku membuatnya sendiri. Satu-satunya hal yang aku tak cakap dalam mengerjakannya adalah aku tak mengerti masalah listrik, jadi aku (dibantu) orang lain untuk melakukannya," terang Rod.

Bentuk kota dan lanskap dalam diorama itu juga terinspirasi dari pengalamannya saat tur di berbagai kota. Sir Rod juga mengatakan jika dirinya sangat menyukai detail-detail dari kota-kota yang dikunjunginya.
Diorama Rod Stewart. Dok. TwitterDiorama Rod Stewart. Foto: Dok. Twitter

"Aku menemukan keindahan pada apa yang orang-orang lihat sebagai hal yang tak estetik, gedung usang, gudang yang sudah lapuk, hal-hal yang sudah ditinggalkan," ungkapnya.

Ia pun sangat fokus dalam mengerjakan hobinya itu. Kini dioramanya sudah mencapai luas 139 meter persegi.

"Saat aku melakukan sesuatu yang kreatif seperti ini, aku akan memberikan 110 persen. Untuk ku ini seperti candu. Aku memulainya, jadi aku harus menyelesaikannya. Aku beruntung punya ruangan (yang luas). Jika aku telah sadar ini akan memakan waktu yang lama, mungkin saja aku akan berkata,'Tidak! Tidak!'" pungkasnya.



Simak Video "Melejitnya Penjualan Diorama Kereta Api Selama Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/nu2)