Satu Dekade, ICAD 2019 Gandeng Tisna Sanjaya hingga Rinaldy Yunardi

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 16 Okt 2019 21:07 WIB
Foto: Agnes/detikHOT
Jakarta - Merayakan satu dekade lahirnya Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) menghadirkan pameran berbeda. Mengusung tema 'Factor X', ICAD 2019 menggandeng puluhan perupa, sastrawan, arsitek, desainer fashion hingga desainer interior.

Karya-karya visual yang dihadirkan tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tim kurator dan Yayasan Design+Art Indonesia menggambarkan pemetaan pemikiran atau mind mapping 10 orang 'maestro' dari berbagai bidang dalam zona 'In Focus'.


"Kami membuat mind mapping, membaca praktik dunia seni rupa sekarang. ICAD menemui orang-orang dan pelaku kreatif, para maestro, dan generasi yang menjadi pelaku utama," ungkap kurator ICAD, Hafiz Rancajale, saat jumpa pers di grandkemang Hotel Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Para seniman yang diseleksi punya kontribusi besar adalah Adi Purnomo (arsitek), Agus Suwage (perupa), Nirwan Dewanto (sastrawan), Dolorosa Sinaga (perupa), Hadiprana (desainer interior), FX Harsono (perupa), Hardiman Radjab (perupa), Rinaldy Yunardi (desainer fashion), Syahrizal Pahlevi (perupa), dan Tisna Sanjaya (Bandung).

Tim kuratorial ICAD pun memilih para pelaku kreatif dalam zona Next Gen. "Kelompok ini yang sekarang aktif dan menurut kami bosa melepaskan praktik pengetahuan dalam karya kreatifnya," lanjut Hafiz.

Mereka adalah Danny Wicaksono, Denny Priyatna, Mulyana, dan Yaya Sung. Yang berbeda pula di usia 10 tahun adalah pembukaan undangan terbuka bagi seniman seluruh Indonesia.


Penggagas ICAD sekaligus pemilik perusahaan desain interior PT Artura Inasanindo, Diana Nazir, menambahkan di usia yang ke-10 tahun perjalanan ICAD sangat panjang.

"Di usia 10 tahun ini kami nggak mau stagnan. Setiap tahun punya langkah yg besar. Alhamdulillah di tahun ke 10, sudah dua tahun terakhir ICAD ada di Milan dan Oktober ini ada di Jakarta. Tahun depan punya beberapa titik di luar negeri dan di daerah lainnya, doakan," pungkasnya.

ICAD 2019 dibuka untuk umum mulai malam ini sampai 24 November 2019.




Simak Video "Wirda Mansur Jadi Sorotan soal Pengakuannya Terkait BTS"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)