detikHot

culture

Veronica Tan Ajak Publik Jakarta Belajar Sejarah

Rabu, 16 Okt 2019 20:41 WIB Tia Agnes - detikHot
Veronica Tan Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Veronica Tan Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Selain tengah menyiapkan operet 'Aku Anak Rusun', Veronica Tan juga aktif dalam Yayasan Mitra Museum Jakarta. Di dalam yayasan, ia membantu menjadi ketua pembina dan mengajak siapapun agar sadar sejarah.

Ditemui di Museum Seni Rupa dan Keramik, Veronica Tan mengatakan Indonesia memiliki beragam koleksi negara dan museum yang langka dan bersejarah.

"Saat ini yang penting adalah komunikasi. Kami sudah komunikasikan koleksi-koleksi dari museum untuk zaman ini sehingga bisa terus belajar bagaimana sejarah bangsa melalui lukisan-lukisan yang ada," katanya, Rabu (16/10/2019).

Sejak dua atau 3 tahun lalu, pihak Yayasan Mitra Museum Jakarta sudah mulai menginventaris koleksi-koleksi museum. "Kita berharap tidak berhenti sampai di sini. Kami cinta kota Jakarta dan cinta dengan museum," ungkap Veronica.

"Kami berharap kolaborasi tetap berjalan dan yayasan dengan hati yang tulus dapat bekerja masing-masing. Dari kita (Jakarta) untuk kita (Jakarta)," tukasnya.

Di antara koleksi museum yang penting bagi sejarah Indonesia yakni lukisan 'Pengantin Revolusi' karya Hendra Gunawan, 'Bupati Cianjur' karya Raden Saleh, 'Ibu Menyusui' karya Dullah, 'Seiko' karya S.Sudjojono, dan 'Potret Diri' karya Affandi.




Simak Video "Jelajahi 'Jejak Karya Pramoedya Ananta Toer' Lewat Pameran Seni"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com