detikHot

culture

Karya 11 Seniman Indonesia Mejeng di Pameran Seni Multi Sensori

Rabu, 06 Mar 2019 21:22 WIB Tia Reisha - detikHot
Foto: Tia Reisha/detikcom Foto: Tia Reisha/detikcom
Jakarta - Pameran instalasi karya seni yang unik dan berbeda kini hadir dan dikemas dalam pameran karya seni multi sensori pertama di Indonesia. Kerennya, pameran ini menampilkan berbagai karya seni yang diciptakan oleh 11 seniman terbaik Indonesia.

Mereka adalah Rinaldy A. Yunardi, Tex Saverio, Arkiv Vilmansa, Ronald Apriyan, Patricia Untario, Kezia Karin, Antonio Sinaga, Muklay, Theresia Sitompul, Meliantha Muliawan, dan kurator Rifky Effendy.

Pameran seni bertajuk Perfect On Art Experience ini digagas oleh Pantene sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap para seniman Indonesia dengan memberi wadah bagi mereka untuk menuangkan idenya. Pameran ini juga sekaligus menampilkan tren kecantikan Indonesia masa kini yang juga dieksplorasi oleh ke-11 seniman tersebut.


"Pantene menyampaikan keindahan rambut perempuan dan elemen manfaat dari Pantene Perfect On melalui instalasi karya seni yang unik dan berbeda yang dipamerkan di dalam pameran karya seni multi sensori Perfect On Art Experience dengan kolaborasi bersama 11 seniman Indonesia terbaik. Pameran ini juga merupakan salah satu bentuk apresiasi Pantene terhadap para seniman Indonesia dan memberi wadah kepada mereka untuk menuangkan ide karya seni dan mengeksplorasi tentang kecantikan perempuan Indonesia," ujar Senior Communications Manager P&G Indonesia Ovidia Nomia, dalam pembukaan Perfect On Art Experience di Jakarta, Rabu (5/3/2019).

Dalam pameran Perfect On Art Experience yang berkolaborasi dengan MRA Media ini, setiap seniman mengangkat elemen gabungan antara keindahan rambut perempuan Indonesia dan manfaat kondisioner tanpa bilas, yakni Pantene Perfect+ On.

Pameran ini menampilkan 10 instalasi seni yang terbagi dalam 4 zona. Keempat zona tersebut di antaranya Waterless Journey berupa zona dengan instalasi seni yang menggambarkan karya tanpa menggunakan air, ada juga zona A Perfect Drop berupa zona dengan satu tetes Pantene Perfect+ On yang membuat rambut tampak sempurna.

Kemudian ada Beautiful Flock, yakni zona keindahan yang menggambarkan indahnya rambut perempuan yang dirawat dengan Pantene Perfect+ On, dan terakhir ada Perfect+ On berupa zona yang menunjukkan standar kecantikan terkini untuk perempuan Indonesia.

"Dalam instalasi ini, Pantene dan MRA Media berkolaborasi dengan 11 seniman terkemuka di Indonesia. Mereka kita tantang untuk bisa mengeksplorasi untuk menampilkan keindahan rambut perempuan. Sekarang ini kan kalau bikin karya tapi nggak bisa masuk Instagram itu rasanya kurang. Makanya kita buatlah 4 zona dengan 10 instalasi seni," ujar Head of MRA Media, Iwet Ramadhan.


Saat memasuki area Perfect On Art Experience, pengunjung tidak hanya bisa menikmati seni secara visual, tapi bisa juga memegang, bahkan mendengarkan suara latar dan mencium aroma di beberapa instalasi. Uniknya, aroma yang tercium merupakan aroma dari produk Pantene Perfect On. Hal itulah yang mendasari pameran seni multi sensori ini.

Pameran Perfect On Art Experience ini digelar di Level 3 North Wing, Pacific Place Mall, Jakarta Selatan, pada 6-17 Maret 2019. Untuk masuk ke pameran ini, pengunjung tidak perlu membeli tiket masuk, cuma membeli produk Perfect On Art. Bahkan, saat hendak keluar pameran, pengunjung bisa membuat charm sendiri untuk menghiasi produk dari Pantene tersebut.

Pembukaan Perfect On Art Experience juga dihadiri oleh seluruh seniman yang terlibat dan Patene Brand Ambassador, Maudy Ayunda.
(prf/ken)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com