DetikHot

culture

Tak Hanya Abstrak, Lukisan Suvi Wahyudianto Kaya akan Medium

Selasa, 16 Okt 2018 21:37 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Tak Hanya Abstrak, Lukisan Suvi Wahyudianto Kaya akan Medium Foto: UOB Painting of The Year / Tia Agnes
Jakarta - Suvi Wahyudianto berhasil memenangkan penghargaan UOB Painting of the Year 2018. Lukisan abstrak ciptaannya mampu memikat tim dewan juri dan karyanya bakal ditandingkan ke tingkat Asia Tenggara awal November mendatang.

Ketua tim dewan juri, Entang Wiharso, menuturkan lukisan Suvi yang berjudul 'Angs't (Angst)' tak hanya gaya abstraknya saja yang unggul. Suvi mampu unggul dalam teknik maupun medium yang digunakan.

"Rasa karyanya sangat kuat. Dari awal sudah menarik, dari fotonya sudah ada magnet. Lukisannya sesuatu yang luar biasa," kata Entang ketika diwawancarai di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Selasa (16/10/2018).



Lukisan karya seniman asal Madura itu menggunakan media campuran yang terdiri dari resin, plastik, enamel, dan pigmen. Campuran medianya dibentuk pada plat alumunium.

Kalau dilihat sejenak, karyanya memiliki permukaan yang tebal padahal terbuat dari material plastik dan resin. Lalu dicat sehingga tampak tebal.

"Karya seperti ini yang kami anggap berbeda, kalau hanya lukisan saja bosan. Atau potret saja. Ini tentang eksplorasi medium yang tidak hanya asal-asalan," pungkasnya.

Karya para pemenang akan dipamerkan di Galeri Nasional Indonesia mulai 8-19 November 2018.
(tia/kmb)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed