DetikHot

culture

City Walk Solo Sepanjang 2 Kilometer Disulap Jadi Panggung Gamelan

Kamis, 09 Ags 2018 21:45 WIB  ·   Bayu Ardi Isnanto - detikHOT
City Walk Solo Sepanjang 2 Kilometer Disulap Jadi Panggung Gamelan Foto: International Gamelan Festival (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo - International Gamelan Festival (IGF) 2018 akan dibuka malam ini, Kamis (9/8/2018). Sebagai soft opening, 73 kelompok karawitan menabuh gamelan secara serempak.

Aksi menabuh gamelan secara massal ini dilakukan di sepanjang 2 kilometer City Walk, Jl Slamet Riyadi, Solo. Yakni mulai dari Plaza Sriwedari hingga Gladag.

Para pemain merupakan kelompok dari Solo dan sekitarnya. Aksi kolosal ini melibatkan para siswa sekolah hingga profesional, seperti kelompok Wayang Orang Sriwedari.

Pembukaan dihadiri Dirjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid dan Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo. Mereka menandai pembukaan dengan menabuh gamelan.
City Walk Solo Sepanjang 2 Kilometer Disulap Jadi Panggung GamelanFoto: International Gamelan Festival (Bayu Ardi Isnanto/detikcom)

Hilmar mengatakan panggung besar IGF 2018 akan dibuka malam nanti di Benteng Vastenburg. IGF bakal berlangsung selama sepekan, yakni hingga 16 Agustus 2018 di sejumlah titik pertunjukan.

"Ada 73 kelompok dari Surakarta dan 19 kelompok dari luar negeri yang akan tampil di sini," kata Hilmar.

Beberapa musisi ternama juga siap menggebrak panggung IGF, antara lain Rahayu Supanggah, I Wayan Gde Yudane, Taufik Adam serta Djaduk Ferianto.

"Saya kira ini festival gamelan terbesar di dunia," ujar Hilmar.

Adapun tema IGF kali ini ialah Homecoming. Hilmar menjelaskan maksud tema tersebut ialah saatnya gamelan mudik kembali ke Indonesia.

"Selama puluhan tahun orang belajar gamelan di Solo. Sekarang sudah tersebar ke seluruh dunia. Hari ini kita panggil ke Indonesia untuk tampil," ujarnya.

(dal/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed