Sah! Kaesang Resmi Menikah dengan Erina Gudono

ADVERTISEMENT

Sah! Kaesang Resmi Menikah dengan Erina Gudono

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 10 Des 2022 13:39 WIB
Jakarta -

Hari bahagia Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah tiba. Akad nikah keduanya digelar pada hari ini, Sabtu (10/12), di Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo.

Acara akad ini digelar sangat terbatas dengan jumlah tamu yang tak melebihi 300 orang dan mereka terlihat sudah tiba di lokasi acara sejak pukul 11.30 WIB. Padahal acara akad baru dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB.

"Insyaallah Sabtu (10/12), insyaallah jam 1 (siang) di Pendopo Royal Ambarrukmo," jelas Kepala KUA Kapanewon Depok Muhammad Wiyono.

Kepala KUA Kapanewon Depok juga mengungkapkan bahwa dua menteri Jokowi akan menjadi saksi di pernikahan tersebut.

Untuk saksi di pihak Erina yakni Mensesneg Pratikno. Sementara saksi nikah dari pihak Kaesang yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Untuk maskawin atau mahar, Kaesang Pangarep memberikan seperangkat alat salat, uang sejumlah Rp 300 ribu dan empat logam mulia yakni seberat 10 gr, 12 gr, 20 gr dan 22 gram yang melambangkan tanggal pernikahan keduanya.

Kaesang tampak hadir di area akad pada pukul 12.42 WIB bersama keluarga dengan mengenakan beskap putih. Wajahnya terlihat sedikit tegang sambil menggandeng tangan sang ayah, Presiden Joko Widodo dan sang ibu, Iriana.

Saat duduk di meja akad, Kaesang pun terlihat tegang. Bahkan ia mengaku pada awak media jika dirinya sedang deg-degan. Sadar akan hal itu, Ibu Iriana pun langsung menghampiri dan memberikan wejangan serta memastikan putranya itu bisa sedikit relaks.

"Saya terima nikahnya Erina Sofia Gudono binti Mohammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayar tunai," ujarnya sambil mengucap hamdallah dan tersenyum lega.

Hubungan Kaesang dan Erina jadi sorotan sejak Juni 2022. Saat itu Kaesang mengajak Erina menonton pertandingan PERSIS Solo.

Kaesang melamar Erina Gudono setelah dua bulan pacaran. Pemilik klub bola PERSIS Solo itu hanya butuh waktu dua bulan untuk memastikan perempuan kelahiran Amerika Serikat itu sebagai calon istrinya.

Kaesang diduga melamar Erina Gudono pada Agustus 2022. Saat itu Kahiyang Ayu mengunggah foto bersama Kaesang dan Erina dengan caption 'One Step Closer' sebagai sinyal.

Akhirnya, rencana pernikahan Kaesang dan Erina bocor pada September 2022, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menyebut dirinya mewakili Gibran yang tak bisa hadir karena tengah mempersiapkan pernikahan Kaesang.

Setelah santer diberitakan akan menikah, baik Erina maupun Kaesang belum banyak memberikan informasi rinci kepada publik.

Hingga akhirnya pada 28 Oktober keduanya di akun Instagram masing-masing mengunggah foto pre wedding pertama kali di mana keduanya mengenakan jersey PERSIS Solo dengan nomor punggung 10 dan 12.

(ass/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT