Fakta Lain Ki Joko Bodo, Sebenarnya Tak Suka Hal Gaib

ADVERTISEMENT

Fakta Lain Ki Joko Bodo, Sebenarnya Tak Suka Hal Gaib

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 22 Nov 2022 15:49 WIB
Ki Joko Bodo tobat
Ki Joko Bodo muda awalnya tak suka hal gaib dan paranormal. Foto: Asep/detikHOT
Jakarta -

Ki Joko Bodo, sosok yang nyentrik itu telah berpulang ke pangkuan ke Tuhan Yang Maha Esa. Dikenal sebagai paranormal, Ki Joko Bodo nyatanya tak suka hal-hal gaib.

detikcom pada 2020 pernah wawancara langsung pria bernama asli Agung Yulianto itu. Dia membagikan cerita masa mudanya. Ki Joko Bodo pernah kuliah dan tak percaya pada dunia yang irasional.

"Ya aku sendiri nggak percaya sama gitu-gituan. Karena aku sendiri juga perguruan tinggi kan, aku kuliahkan," kata Ki Joko Bodo kepada detikcom di rumahnya Istana Wong Sintinx, Gg Pala, Lubang Buaya, Jakarta Timur pada Desember 2020.

Tidak suka dengan hal-hal gaib, Ki Joko Bodo juga mengaku tak suka dengan pekerjaan paranormal. Siapa sangka, Ki Joko Bodo justru dikenal sebagai paranormal terkenal.

Dirinya sendiri yang memilih berkecimpung dalam hal-hal gaib.

"Tapi, ternyata aku bisa kerja di (bidang) gaib. Dalam artian aku memilih gaib. Padahal aku sangat tidak suka dengan pekerjaan ini," tegasnya.

"Saya lebih percaya sama Tuhan karena apapun contohnya begini. Kalau yang jelas aku lebih percaya Tuhan daripada omongan manusia, gitu kan. Karena manusia itu tempatnya salah menurut aku gitu," pungkas Ki Joko Bodo.

Sebelum meninggal dunia pada hari ini, Ki Joko Bodo sudah sejak lama memilih tobat. Meski memilih tak mengganti nama panggungnya, sikap dan perilaku Ki Joko Bodo berubah.

Seiring dengan keputusannya bertobat, Ki Joko Bodo memangkas rambutnya. Dia juga mewakafkan salah satu tanah tempat praktiknya untuk membuat masjid. Perubahan Ki Joko Bodo menjadi sosok yang makin baik membuat sang anak, Ayda Prasasti bangga.

"Ayah itu nggak bilang apa-apa, tiba-tiba udah potong rambut aja. Terus ngelihat, ayah udah salat. Kalau dengar azan pada saat itu juga harus berhenti. Resmi selesainya titik baliknya sekitar 2018. Tapi sebenarnya ayah itu perlahan gitu lho, dan dia waktu (hijrah) itu sudah bilang nggak mau diliput sama media," kata Ayda kepada detikcom beberapa bulan lalu dalam wawancara eksklusif.

"Nggak tahu apa yang membuat dia tertampar-tampar. Tapi selama ini, ibuku dan keluarga menganggap itu doa dari kita. Doa kita yang selalu bilang, nggak mau Ayah kayak gitu lagi. Ini dari kemauan kita juga, kita suka bilang, sering bujuk, 'Sudah dong, Yah'. Kita yang sama-sama sepakat pokoknya ayah harus tobat."

Simak Video 'Perjalanan Hidup Ki Joko Bodo':

[Gambas:Video 20detik]



(pus/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT