Jalan Tobat Ki Joko Bodo

ADVERTISEMENT

Jalan Tobat Ki Joko Bodo

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Selasa, 22 Nov 2022 11:41 WIB
Sudah Tovat kini Penampilan  Ki Joko Bodo Lebih Regilus
Ki Joko Bodo meninggal dunia Foto: Asep Syaifullah
Jakarta -

Mantan paranormal Ki Joko Bodo dikabarkan meninggal dunia hari ini, Selasa (22/11/2022). Pria bernama asli Agus Yulianto itu berpulang di usia 57 tahun.

Belum ada kabar detail mengenai penyebab meninggalnya Ki Joko Bodo. Sang anak, Ayda Prasasti, baru memberikan konfirmasi melalui sambungan telepon secara terbatas. "Iya betul. Meninggalnya sekitar jam 09.57 WIB," katanya sambil menangis.

Di kesempatan sebelumnya, detikHOT pernah melalukan wawancara panjang bersama Ayda Prasasti. Bicara banyak hal tentang dirinya, termasuk sang ayah. Salah satunya, tentang momen pertobatan Ki Joko Bodo dari segala praktik perdukunan.

Bagi Sasti, tobatnya sang ayah adalah momen yang dia beserta saudara dan ibunya tunggu lama. Rasanya campur aduk, kadang dia malu, di sisi lain bangga setengah mati. Anak ke-3 dari 4 bersaudara itu bercerita bahwa keluarga mencatat resmi berhentinya Ki Joko Bodo pada 2018. Di suatu hari, seisi rumah dibuat kaget karena paranormal termahal di Indonesia telah memotong rambut panjangnya yang khas.

"Ayah itu nggak bilang apa-apa, tiba-tiba udah potong rambut aja. Terus ngeliat, ayah udah salat. Kalau denger azan pada saat itu juga harus berhenti. Resmi selesainya titik baliknya tahun 2018, sekitar segituan lah ya. Tapi sebenarnya ayah itu perlahan gitu lho, dan dia waktu (hijrah) itu sudah bilang nggak mau diliput sama media," ungkap Sasti kepada detikHOT.

Sasti lahir pada November 2002, saat Ki Joko Bodo ada di puncak popularitas. Dia tinggal di rumah nyentrik dan mewah yang ditaksir lebih dari Rp 20 miliar, bernama Istana Wong Sintinx. Di periode itu juga, Ki Joko Bodo beberapa kali terlihat mendendarai supercar Ferrari.

Akan tetapi, Sasti dan keluarganya tidak terpana melihat kemewahan itu. Senang iya, tapi ada yang mengganjal di hati para anggota keluarga.

"Nggak tahu apa yang membuat dia tertampar-tampar. Tapi selama ini, ibuku dan keluarga menganggap itu doa dari kita. Doakita yang selalu bilang, nggak mau ayah kaya gitu lagi. Ini dari kemauan kita juga, kita suka bilang, sering bujuk, 'udah dong, yah'. Kita yang sama-sama sepakat pokoknya ayah harus taubat," sambungnya.

Penggemar Adele dan Charlie Puth itu juga tidak pernah tahu secara rinci dari mana asal kesaktian ayahnya.

"Pernah diceritakan (soal latar belakang), tapi ayah nggak pernah cerita detail. Dari yang aku tahu, dulu ayahku tinggalnya di Keraton dan ketika dia lahir banyak sesuatu yang tidak bisa dijelaskan oleh logika," ungkapnya.

"Aku mungkin tahu ayah paranormal itu sekitar umur SD. Aku merasa biasa aja, aku nggak merasa paranormal itu profesi yang berbeda. Tapi, memang makin besar sadar kok di sekolah itu ayahku jarang datang.Waktu akhirnya menyadari, responsnya kayak biasa aja sih. Aku lebih malah 'ayo dong luangin waktu buat kita,' gitu. Aku nggak terganggu sama sekali dengan seluruh aktivitasnya," katanya.

"Dulu malah kalau sekolah diantar pakai mobil sport gitu malah malu. Punya rumah seperti ini aja malu, karena beda sendiri dari rumah teman-teman, aku ngerasa rumah ini aneh. Jadi, dari dulu aku nggak pernah menjadikan rumahku sebagai opsi buat ngumpul-ngumpul. Tapi, semenjak main TikTok, netizen malah bilang unik, ya sudah," tandasnyasambil tersenyum.



Simak Video "Anak Kagum dengan Ki Joko Bodo yang Berhijrah"
[Gambas:Video 20detik]
(mif/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT