Anak Idap Sindrom Prader Willi, Oki Setiana Dewi Izinkan Jadi Objek Penelitian

ADVERTISEMENT

Anak Idap Sindrom Prader Willi, Oki Setiana Dewi Izinkan Jadi Objek Penelitian

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Rabu, 16 Nov 2022 09:42 WIB
oki setiana dewi
Oki Setiana Dewi usai mendampingi anak keempatnya, Sulaiman, menjalani stem cell. Foto: Febriyantino Nur Pratama
Jakarta -

Anak keempat Oki Setiana Dewi, Sulaiman mengidap penyakit langka, yakni sindrom prader willi. Oki Setiana Dewi memberikan izin anaknya jadi bahan penelitian.

Sulaiman bakal menjadi objek penelitian Prof Deby Vinski. Penelitian ini juga akan melibatkan ahli stemcell dunia.

"Setelah ini Sulaiman akan saya masukkan program penelitian prader willi syndrome. Tentunya berdasarkan izin Oki dan Rio," kata Prof Deby Vinski di Celltech Stem Cell Centre Laboratory & Banking di Vinski Tower, Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Selasa (15/11/2022).

Deby Vinski juga menjelaskan, penelitian itu melibatkan para ahli stem cell dunia. Ada kemungkinan penelitian itu dilakukan di luar negeri.

"Saya akan masukan ke program world council of stem cell. Di mana peneliti dunia akan meneliti prader willi. Mungkin akan dilakukan di luar negeri, tapi Sulaiman akan dimasukan ke dalam daftar tersebut," tambah prof Deby.

Prof Deby Vinski menjadi salah satu orang yang menangani terapi Sulaiman yang mengidap prader willi syndrome atau sindrom prader willi lewat metode stem cell. Mendengar hal tersebut, Oki Setiana Dewi mengaku senang, dengan demikian dia berharap penelitian itu dapat membantu anak-anak yang mengidap prader willi syndrome.

"Sulaiman ini boleh dijadikan penelitian apa pun, yang bermanfaat. Aku ikut komunitasnya, ada yang bertahan dan tidak. Untuk itu saya harus melakukan sesuatu," kata Oki Setiana Dewi.

"Ini bagian Oki bersyukur kepada Allah, Allah kenalkan Oki dengan Prof Deby. Semoga bermanfaat bagi banyak orang, semoga anak-anak lain ikut terbantu," tambahnya.

Sulaiman sudah melakukan terapi stem cell sebanyak dua kali. Usai menjalani terapi itu, Oki menceritakan Sulaiman mengalami tumbuh kembang yang lebih baik.

"Kemarin kita sudan stem cell yang pertama hampir sebulan lalu, hasilnya Sulaiman lebih kuat, berenergi, kalau kemarin jalannya cepat capek, jalannya sedikit. Sekarang lebih berenergi, lebih kuat masyaallah membuat Prof meminta Oki untuk melakukan Lagi stem cell kedua," tutur Oki Setiana Dewi.



Simak Video "Oki Setiana Dewi Ungkap Kerinduan pada Almarhum Ayah"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT