Adik Curi Sertifikat Aset dari Rumah Ortu hingga Palsukan Tanda Tangan Irwansyah

ADVERTISEMENT

Adik Curi Sertifikat Aset dari Rumah Ortu hingga Palsukan Tanda Tangan Irwansyah

Desi Puspasari - detikHot
Senin, 24 Okt 2022 10:50 WIB
Irwansyah dan Zaskia Sungkar mengaku ikhlas dengan aset yang dibawa kabur adik sendiri.
Irwansyah ditipu Hafiz Fatur hingga rugi Rp 5 miliar. Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Hafiz Fatur setahun sudah menjadi DPO Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor dalam kasus korupsi. Ternyata adik Irwansyah itu juga menyeret serta Irwansyah dan Zaskia Sungkar dalam hal ini.

Dalam kasus berbeda, Hafiz Fatur menilap aset Irwansyah hingga Rp 5 miliar. Irwansyah awalnya melaporkan kasus dugaan penggelapan dan penipuan yang dilakukan adiknya ke Polres Jakarta Selatan pada 19 November 2021.

Irwansyah melaporkan Hafiz Fatur karena pemalsuan tanda tangan. Tanda tangan itu digunakan Hafiz Fatur untuk melancarkan aksinya mencairkan kredit yang kini menjadikannya buronan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

Hafiz Fatur juga mencuri sertifikat aset Irwansyah yang berada di rumah mendiang orang tua mereka. Beberapa aset tersebut akhirnya disita bank membuat Irwansyah kaget karena dirinya merasa tak pernah menandatangani apa pun.

"Adiknya ini mengambil sertifikat tersebut tanpa sepengetahuan Irwan dan seolah-olah semua surat-surat perkreditan tersebut atas nama Irwan. Bahkan perjanjian kredit yang saya dapatkan dari pihak bank di situ ada tanda tangan Irwan, ada tanda tangan Zaskia, kok bisa?" tutur Zakir, pengacara Irwansyah dalam konferensi pers di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Rumah Irwansyah di kawasan Bintaro disita bank. Pencairan kredit yang dilakukan Hafiz Fatur sudah dilakukan sejak 2018. Namun surat tunggakan pembayaran justru sampai ke Irwansyah.

Akibat ulah Hafiz Fatur, Irwansyah dan Zaskia Sungkar harus kehilangan aset berupa 4 rumah dan 1 mobil mewah serta mengalami kerugian yang ditaksir sekitar Rp 5 miliar.

Aset-aset yang digadai itu, Irwansyah titipkan ke orang tuanya. Diduga Hafiz Fatur mengambil sertifikat itu tanpa sepengetahuan orang tuanya.

"Jadi gini, Irwan ini kan punya beberapa aset yang dimilikinya. Kemudian beberapa aset-aset itu dititipkan suratnya ke orang tuanya. Ada kecurigaan sertifikat itu diambil tanpa sepengetahuan (Irwan), orang tuanya juga nggak tahu sama sekali soal itu," kata Zakir.

Bahkan Irwansyah baru tahu surat-surat aset miliknya digadaikan ketika ada surat penagihan datang dari bank. Irwansyah mendapatkan surat tagihan tersebut pada Maret 2021.

Zaskia Sungkar juga sempat dipanggil ke Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor untuk kasus Hafiz Fatur. Hafiz Fatur diduga melakukan penggelapan dana pinjaman dengan menggunakan data karyawan PT Halal Berkah Indonesia dan membuat pihak bank merugi sebesar Rp4,3 miliar.

Hafiz Fatur merupakan direktur di PT Halal Berkah Indonesia. Ia memanfaatkan posisinya tersebut untuk melakukan tindak pidana korupsi dengan menggunakan data para karyawan untuk mendapatkan fasilitas kredit dari suatu bank.

Zaskia Sungkar dipanggil karena dia merupakan Komisaris dari PT Halal Berkah Indonesia. Zaskia Sungkar dipastikan tak tahu aksi Hafiz Fatur dan justru aset-aset miliknya dan Irwansyah ikut raib.

Demi aset-aset kembali, Irwansyah dan Zaskia Sungkar mencabut laporan di Polres Jakarta Selatan. Mereka memilih untuk menggugat Hafiz Fatur ke Pengadilan Negeri Tangerang.



Simak Video "Kuasa Hukum Irwansyah Sebut Hafiz Fatur Tak Kooperatif "
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT