Ivy Batuta soal Pentingnya Kebersihan di Perabot Rumah Tangga

ADVERTISEMENT

Ivy Batuta soal Pentingnya Kebersihan di Perabot Rumah Tangga

prih prawesti febriani - detikHot
Sabtu, 15 Okt 2022 19:34 WIB
Ivy Batuta
Ivy Batuta saat ditemui di salah satu kawasan di Jakarta. Foto: Radian Nyi Sukmasari
Jakarta -

Ivy Batuta memiliki rutinitas yang sangat tinggi dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya sebagai salah satu selebriti di Indonesia.

Tapi ternyata Ivy Batuta baru saja akan pentingnya kebersihan pada perabot rumah tangga yang harus diperhatikan lebih jauh lagi.

Selama ini Ivy Batuta mengaku tidak tahu soal alergi debu dan tungau yang menyebabkan dirinya dan keluarga bersin-bersin.

"Ketidaktahuan saya akan alergi debu dan tungau menyebabkan saya beneran baru berhenti bersin-bersin setelah menikah," buka Ivy Batuta melalui rilisnya yang diterima detikcom, Sabtu (15/10/2022).

Sampai akhirnya sang suami, Edu Napitupulu menemukan cara yang tepat untuk membersihkan tungau dalam perabot rumah tangga yang ada di rumah. Salah satunya adalah dengan cara divacum.

"Waktu itu suamiku yang menemukan cara (tepat) untuk membersihkan rumah. Saya baru berhenti tidak bersin-bersin di pagi hari di usia 30-an tahun. Bayangkan waiting that long, kan sedih banget kayaknya nggak ada solusi gitu. Itu pun suamiku yang (kasih tahu) ini ngebersihinnya begini misalnya yang bagian ini atau furniture ini harus di vacuum," jelasnya lagi.

Ivy Batuta saat ditemui di salah satu kawasan di Jakarta.Ivy Batuta saat ditemui di salah satu kawasan di Jakarta. Foto: ist.

Hal ini mendapatkan perhatian dari dokter Mesty Ariotedjo, sebagai dokter spesialis anak sekaligus Founder Tentang Anak, memberikan penjelasan yang membuat orang tua cemas mengenai alergi ini.

"Batuk pilek biasanya membuat orang tua cemas. Batuk pilek bukan hanya karena infeksi, tapi bisa juga karena alergi. Alergi tidak hanya dicetus oleh makanan. Ada beragam pencetus alergi, misalnya pencetus hirupan seperti tungau, debu, asap rokok, bulu binatang atau pencetus lain seperti udara dingin atau kecoa. Di rumah, yang kadang tidak disadari dan tidak kasat mata adalah debu dan tungau. Dimana sebenarnya pencetus alergi akibat debu dan tungau tersebut dapat dicegah dengan pembersihan soft furniture secara rutin," katanya.

"Orang tua harus peduli bila anak-anak sudah menunjukkan gejala batuk atau pilek yang hanya terjadi di malam hingga pagi hari sebelum matahari naik. Sebab bila dibiarkan alergi ini bisa menyebabkan sesak napas dan lebih seram lagi dapat berakibat kematian," paparnya lagi.

Pratiwi Halim selaku Founder HydroClean kali ini memberikan masukan soal mengenai hal ini.

"HydroClean telah memasuki tahun ke-7 beroperasi, selama ini kami masih melihat banyaknya konsumen yang belum aware akan pentingnya kebersihan soft furniture. Oleh sebab itu, kami tergerak untuk berkolaborasi dengan Tentang Anak dalam mengedukasi masyarakat pentingnya agar memahami bahaya tungau bagi kesehatan anak yang dapat memicu alergi dan berbagai komplikasinya," ungkapnya lagi.



Simak Video "Film 'Everything Everywhere All at Once' Akan Tayang Lagi di Bioskop"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT