Kata Ustaz: Sering Terjadi, Aurat Belakang Pria Terlihat Salatnya Tidak Sah

ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Sering Terjadi, Aurat Belakang Pria Terlihat Salatnya Tidak Sah

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 11 Okt 2022 06:01 WIB
Habib Muhammad Syahab
Habib Muhammad Syahab. Foto: dok. Capture Islam Itu Indah
Jakarta -

Untuk para pria ketika salat sudah sepatutnya memakai pakaian yang menutup aurat. Sering terjadi aurat bagian belakang pria tak sengaja terlihat dan terbuka ketika sujud.

Aurat belakang atau bagian bokong pria terlihat saat sujud karena baju yang terlalu pendek. Ternyata, meski tak sengaja terlihat atau terbuka, hal itu menyebabkan salat tersebut tidak sah.

Kata Ustaz mengambil penjelasan dari Habib Muhammad Syahab. Habib Muhammad Syahab memberikan penjelasan perihal kejadian yang sering dialami oleh pria ketika sujud dalam salat itu.

Berikut penjelasan lengkap Habib Muhammad Syahab:

Mazhab sujud sesuai anjuran Nabi Muhammad SAW, sebelum bahas 'celengan' yang terlihat tadi. Ada tujuh semua di dalam sujud yang harus mengenai bumi, satu jidad, dua telapak tangan kanan, tiga telapak tangan kiri, empat dengkul kanan, lima dengkul kiri, enam jari kaki kanan, dan tujuh jari kaki kiri.

Apabila terlihat anggota sujud dan orang yang wajib sah sujudnya atau sah salatnya adalah menutup aurat. Aurat itu kalau terlihat dari bawah nggak batal. Contohnya bagaimana, biasanya kalau orang pakai kain di depan kita lagi sujud, kadang orang pakai kain nggak pakai celana panjang, ketika sujud terlihat nggak dengkulnya? Bahsa fiqih mengatakan, tidak berbahaya buat salatnya. Tapi, kalau auratnya di sini (bokong) sudah kelihatan 'celengannya' karena sudah di bawah pusar, maka hukum salatnya tidak sah.

Jadi semuanya hukum salatnya tidak sah karena sudah kelihatan sama orang auratnya.



Simak Video "2 Pria Geber Knalpot Bising dan Ugal-ugalan Saat Warga Salat Id di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT