ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Sudah Tahu Belum? Ada Pahala di Balik Mandi Khusus Hari Jumat

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 07 Okt 2022 06:05 WIB
Suami Kartika Putri
Habib Usman bin Yahya menjelaskaan mandi khusus hari Jumat. Foto: dok. Istimewa
Jakarta -

Mandi menjadi hal yang diwajibkan oleh Nambi Muhammad SAW. Ada juga mandi-mandi sunah, salah satunya mandi khusus hari Jumat yang ternyata mendatangkan pahala.

Pada hari Jumat, laki-laki beragama Islam tentu menjalankan salat Jumat. Jangan lupa untuk melakukan mandi khusus hari Jumat.

Kata Ustaz mengutip nasihat dari Habib Usman bin Yahya, tentang mandi khusus hari Jumat.

Berikut penjelasan lengkap Habib Usman bin Yahya soal mandi khusus hari Jumat:

Dengan menyebut nama Allah SWT Yang maha Pengasih Lagi Maha Penyayang, kita mengetahui bahwa ada yang namanya mandi untuk membersihkan badan, ada juga mandi untuk mendatangkan pala yaitu mandi junub, ada juga pahala yang didatangkan setiap minggunya kepada mereka yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang di sunahkan Nabi Muhammad SAW.

Dalam kiba Lu'lu Wal Marjan, diwajibkan. Diwajibkan setiap hari Jumat ketika akan melakukan salat Jumat diwajibkan untuk mandi Jumat ternyata.

Ketika ditanya, ada salah satu sahabat Rasulullah SAW, dia bertanya, 'Ya Rasulullah aku dari jauh jalan, badan aku terkena pasir. Sampai di masjid aku keringatan. Apa yang harus saya lakukan ya Rasulullah?' Mandi lagi, mandi lagi disuruh bersihin.

Kata sahabat, 'Ya Rasulullah aku buru-buru dari pasar.' Mandi, kata Rasulullah.

Ternyata mandi ini wajib, setiap hari Jumat kalau ingin salat Jumat. Bahkan dijelaskan dalam kitab Lu'lu Wal Marjan, bahwasannya setiap orang yang mandi pagi hari di waktu hari Jumat dan bisa membuat istrinya mandi, maka mendapatkan pahala dari Allah SWT. Masyaallah, pahala yang besar dari Allah SWT.

Dan juga dijelaskan setiap orang yang mandi Jumat dan dia berangkat salat Jumat, dia mendapatkan pahala apa?

Kalau dia datang jam 11 atau setengah 11 maka dia mendapatkan pahala unta (pahala bagaikan bersedekah unta). Setiap orang yang datangnya jam 11 lewatan dia dapat pahala sapi, kalau dia datang kira-kira pukul setengah 12 dia dapat pahala kambing dan kambingnya bertanduk udah bagus. Kalau dia datangnya jam 12 kurang kira-kira udah mau mulai maka dia dapat pahalanya ayam. Datang setelah azan dia dapat telur. Datang pas khutbah, maka dia meninggalkan daripada khutbah, khutbah bagian dari dua rakaat salat zuhur. Kalau salat zuhur 4 rakaat dua rakaatnya ada di khutbah dan dua rakaatnya ada di salat jumat.

Mandi itu diwajibkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW, ayo kalau punya istri, punya suami, punya keluarga, ingatkan mandi Jumat.

Niatnya kalau dia hadas besar, Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar minal haidil fardlon lillahi ta'ala atau Nawaitu ghusla liraf'il hadatsil akbar yaumal jumah minal haidil fardlon lillahi ta'ala. Atau bahasa Indonesianya, 'Ya Allah aku niat mandi hari ini, mandi untuk sunah jumat lillahi ta'ala, atau mau salat jumat lillahi ta'ala.



Simak Video "Peraih Daesang MMA 2022: BTS hingga IVE"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT