ADVERTISEMENT

Hot Questions

Daniel Mananta, Menemukan dan 'Ditemukan' Tuhan

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Jumat, 07 Okt 2022 06:10 WIB
Daniel Mananta
Daniel Mananta Foto: Pradita Utama/detikcom
Jakarta -

Di balik pembawaannya yang selalu ceria dan lesung pipitnya yang khas, Daniel Mananta sempat melewati fase paling getir dalam hidupnya. Sebuah masa di mana dia sampai menganggap dirinya terlahir kembali dan menghitung ulang usianya sejak saat itu.

Fase itu menyangkut tentang keimanan dan keberadaan Tuhan dalam diri Daniel Mananta. Tapi, dia pun tak tahu pasti, mana yang lebih dulu. Apakah dia yang akhirnya menemukan Tuhan dalam perjalanan labirin hidupnya, atau justru Tuhan yang 'menemukannya' lebih dulu.

Popularitas yang didulangnya pada sejak 2003 membuat Daniel Mananta sempat hilang arah dan berlari sendirian. Ketakutan terbesarnya hanya satu, takut tak lagi terkenal dan memiliki pekerjaan. Setiap malam, dia harus membunuh pikiran tersebut dengan berbagai kegiatan penghiburan yang lama kelamaan merusak.

Dia juga mengeksploitasi habis-habisan ketenarannya sebagai seorang VJ dan presenter. Jika dulu dirinya dirundung saat masa SMA, dalam masa gelap itu, Daniel bertukar peran menjadi perundung. Di media sosial Twitter, Daniel mengakui kepada detikHOT bahwa dia sempat secara sengaja merundung seorang selebriti, yang dia tak mau sebut namanya itu.

Daniel ManantaDaniel Mananta Foto: Pradita Utama/detikcom

"Dulu tuh ada satu selebriti yang menurut gue menjadi first Indonesian meme, karena satu Indonesia bercanda soal dia, habis-habisan jadi bahan lelucon. Dan gue ikut menertawakan itu, bahkan secara vokal mengolok-olok. Kalau nggak salah waktu itu usia gue sekitar 27 tahun, dan orang itu 14 tahun. Dan, dia udah main ke YouTube gue dan menanyakan ke gue apa gue masih ingat momen tersebut. Dia bilang, 'lo ingat nggak waktu itu lo pernah jahat banget ke gue.'. Bagi dia, selebriti lain itu nggak selantang gue."

"Gue jawab dan gue minta maaf ke dia dan nyokapnya. Menurut dia, gue yang paling sadis. Gue coba cari tweet gue yang waktu itu dan memang parah banget. Kenapa gue seperti itu? Karena saat itu gue merasa punya power dan followers yang mendukung gue. Kayaknya sebagai VJ MTV gue sah melakukan itu, ketikague nge-tweet menyerang orang ini, semua orang setuju. Ya sekarang ketika gue pikir-pikir, kalau nanti kejadian di anak gue, pasti ngamuk gue. Dulu gue nggak ngeh menjadi perundung yang membuat orang ini jadi punya luka."

Hingga akhirnya, pada 2012, Daniel Mananta kehilangan aset paling berharga, suara. Mengalami depresi yang bahkan menurutnya saat itu, jangankan medis, cinta keluarganya saja tak mampu mengobati. Namun, itulah titik balik pria penyuka film Lion King itu.

Daniel ManantaDaniel Mananta Foto: Pradita Utama/detikcom

"Gue depresi karena selama sebulan suara gue nggak balik dan kata dokternya gue harus operasi. Dokter bilang tiga minggu kemudian suara gue bakal balik, tapi nggak terjadi. Gue benar-benar ketakutan banget kalo gue nggak tenar lagi. Di momen itu gue mulai mencari Tuhan, gue menyogok Tuhan dengan tiap hari ke gereja, tapi ternyata Dia nggak mau. Kemudian gue disarankan sama Sandra Dewi untuk ketemu teman nyokapnya, Pak Benyamin Ratu, dia katanya punya karunia penyembuh gitu, pas didoakan, gue nangis. Di satu malam, tiba-tiba gue seperti mendengar bisikan dari dalam hati, 'lagi proses penyembuhan kok'. Setelah itu, gue kayak tiba-tiba aja punya keyakinan kalau suara gue bakal sembuh kok. Di situ gue mendapatkan kedamaian yang selama ini gue cari, tapi nggak bisa gue dapatkan. Kayak kedamaian secara supernatural, malam itu gue tidur nyenyak banget dan perlahan suara gue kembali. Di tahun 2012 itu gue menemukan Tuhan atau Tuhan menemukan gue."

Pertemuan dengan UAS di halaman selanjutnya



Simak Video "Daniel Mananta, Karier dan Kecintaannya pada Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT