ADVERTISEMENT

Kata Ustaz: Mengucap Amiin Ketika Salat, Ini Keistimewaannya

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 27 Sep 2022 06:00 WIB
Ustaz Hilman Fauzi
Ustaz Hilman Fauzi Foto: dok. Pribadi
Jakarta -

Salat wajib dilakukan oleh umat Islam. Ternyata dalam salat terdapat banyak keistimewaan masih banyak belum diketahui.

Salah satunya adalah hukum mengucap kata 'amiin' setelah membaca surat Al Fatihah. Membaca surat Al Fatihah masuk dalam rukun salat.

Setelah imam membaca surat Al Fatihah, makmum kebanyakan mengucap kata 'amiin'. Kata Ustaz mengambil penjelasan dari Ustaz Hilman Fauzi dalam Islam Itu Indah tentang hukum membaca 'amiin' usai surat Al Fatihah dalam salat.

Berikut penjelasan lengkap Ustaz Hilman Fauzi:

Nabi SAW mengingatkan kepada kita, perkara pertama yang akan ditanya di hari kiamat adalah salatnya. Jika baik salatnya maka dia beruntung. Jika dia belum baik salatnya maka dia merugi.

Berkaitan dengan salat ini maka kita harus benar-benar salat dengan sempurna dengan baik. Yang sering dilupakan oleh kita adalah membaca amiin setelah dibacakan surat Al Fatihah.

Sebenarnya bagaimana hukumnya? Dalam beberapa keterangan dijelaskan bahwa hukum membaca amiin ketika salat adalah sunah yang disyariatkan, sunah yang dianjurkan. Karena di dalam kalimat amiin itu terdapat makna yang luar biasa.

Apa makna luar biasa? Amiin semoga Allah kabulkan. Jadi kalau kita baca amiin ada dua hikmah yang kita dapatkan yang pertama amiin itu sebab dihapuskannya dosa-dosa kita. Barang siapa yang dibacakan surat Al Fatihah kemudian dia membaca amiin setelahnya, apabila dia mengatakan amiin, berbarengan dengan amiin-nya malaikat maka dosanya diampuni oleh Allah SWT.

Kedua, amiin itu sebab dikabulkannya doa. Maka amiin itu maknanya semoga Allah kabulkan. Sehingga orang yang dibacakan Al Fatihah termasuk ketika salat, kemudian dia lupa atau tidak membaca amiin maka dia dalam tanda kutip dia kehilangan doa kebaikan yang datang untuk dirinya. Sayang banget.

Maka Nabi SAW menyampaikan kepada kita, barang siapa yang menyampaikan ibadah salat maka luruskan saf-nya, kemudian pilih salah satu dari kalian menjadi imam, ketika imam mengatakan kalimat 'Allahuakbar' maka ikut bertakbirlah. Ketika imam mengatakan '... ghairil maghduubi 'alaihim wa ladhdhalliin', (sambutlah dengan) 'amiin.'

Ketika mengucapkan kalimat 'amiin' juga harus benar mengucapkannya. Ada dua lafaz yang disepakati ulama. Pertama amiin-nya hamjahnya dipanjangkan, mim-nya dipanjangkan, 'aamiin.' Atau kedua hamjahnya tidak dipanjangkan, tapi mim-nya dipanjangkan, 'amiin' itu juga diperbolehkan.

Amiin adalah sunah yang dianjurkan ketika salat setelah membaca surat Al Fatihah.



Simak Video "2 Pria Geber Knalpot Bising dan Ugal-ugalan Saat Warga Salat Id di Cianjur"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT