Pewaris Takhta Kerajaan Inggris dan Gelar Baru Pangeran William

ADVERTISEMENT

Round Up

Pewaris Takhta Kerajaan Inggris dan Gelar Baru Pangeran William

Tim detikcom - detikHot
Sabtu, 10 Sep 2022 05:30 WIB
Ratu Elizabeth
Foto: infografis detikcom
Jakarta -

70 tahun sudah Ratu Elizabeth II bertakhta sebagai pemimpin Inggris Raya. Sang Ratu mengembuskan napas terakhir di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022). Kini keturunan Ratu Elizabeth II akan meneruskan takhta di Kerajaan Inggris. Begini urutan penerus dan pewarisnya.

Pangeran Charles akan resmi dinobatkan sebagai raja sepeninggal Ratu Elizabeth II. Upacara naik takhta ini akan digelar beberapa hari setelah upacara pemakaman Ratu Elizabeth II. Pangeran Charles akan berubah nama jadi Raja Charles III. Saat ini gelar tersebut sudah efektif diberikan kepadanya.

Akun media sosial Kerajaan Inggris juga secara langsung menyebut Charles sebagai raja dan Camilla sebagai queen consort atau permaisuri.

Apabila nanti Raja Charles III meninggal dunia, maka takhta Kerajaan Inggris akan diberikan kepada Pangeran William sebagai putra pertama dari Raja Charles III dan Putri Diana. Pangeran Harry ada di dalam daftar penerus takhta namun baru akan menjabat apabila keturunan Pangeran William sudah tak ada lagi.

Dengan kata lain, setelah Pangeran William masih ada Pangeran George yang akan menjabat sebagai Raja. George merupakan anak pertama William dengan Kate Middleton. Setelah George, takhta akan dilanjutkan oleh Charlotte dan kemudian Louis yang berturut-turut merupakan anak kedua dan ketiga dari William dan Kate.

Setelah Louis barulah Pangeran Harry bisa naik takhta. Hal ini lantaran Pangeran Harry merupakan anak kedua dari Raja Charles III dan Putri Diana sehingga urutan naik takhtanya pun harus menunggu giliran semua keturunan dari William sebagai anak pertama.

Anak pertama Harry dan Meghan Markle, Archie Harrison, juga akan dapat giliran naik takhta sebagai Raja. Hal ini bisa terjadi apabila Harry sudah tak lagi duduk di kursi Raja.

Perubahan gelar anggota Kerajaan Inggris setelah Ratu meninggal (di halaman selanjutnya)

Saksikan Juga Video Viral : Makan di Warung Tenda Nolda Pocha Berasa Jadi Peran Drakor

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT