Ini Dia Penampakan Masjid Ivan Gunawan di Uganda

ADVERTISEMENT

Ini Dia Penampakan Masjid Ivan Gunawan di Uganda

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 09 Sep 2022 20:30 WIB
Masjid Ivan Gunawan di Uganda, Afrika.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ivan Gunawan memang sedang membangun masjid di Uganda, Afrika.

Alasan presenter yang kerap disapa Igun itu membangun masjid di Uganda karena populasi muslim di kota itu saat ini semakin meningkat.

"Jadi kebetulan di Uganda banyak muslimnya, tapi mereka kan susah kehidupannya. Mau cari air bersih susah, buat makan susah, apalagi masjid. Jadi saya berpikir adalah hal yang tepat untuk mendirikan masjid di sana," ujar Ivan Gunawan lewat rilis yang diterima detikcom, Jumat (9/9/2022).

Selain minimnya masjid, umat Muslim yang berada di Uganda juga minim mendapatkan peralatan untuk menunaikan sholat.

Masjid Ivan Gunawan di Uganda, Afrika.Masjid Ivan Gunawan di Uganda, Afrika. Foto: Istimewa


Karena hal itu, Ivan Gunawan juga akan menyediakan peralatan solat di masjid yang tengah ia bangun.

"Nggak cuma masjid. Baju muslim, mukena, sarung di sana juga susah. Ya alhamdulillah ada anak Indonesia yang mau meluangkan waktunya ikut di dalam acara kemanusiaan. Dari situ saya jadi terinspirasi untuk membuat masjid yang bagus dan fasilitas yang layak untuk saudara muslim disana," ucap Ivan Gunawan.

Kata Ivan Gunawan, pembangunan masjid ini sekaligus untuk memenuhi nazar atau janjinya untuk membangun sebuah rumah ibadah.

Ia merasa sangat bangga dan senang dengan nazarnya yang akan terealisasikan ini.

"Alhamdulillah senang banget karena saya punya nazar sama Allah bahwa saya ingin membangun masjid. Dan hal itu bisa terwujud," jelas Ivan Gunawan.

Ivan Gunawan memang tidak sendiri dalam pembangunan ini. Ia bekerja sama dengan Yayasan Golden Future dan juga desainer interior kenamaan Tanah Air, Susan Emir.

Adapun nama masjid yang tengah di bangun Ivan Gunawan ini adalah Masjid Indonesia by Ivan Gunawan. Pertama kali di Bangun pada tanggal 16 April 2022 berlokasi di Distrik Butanjwa Hoima Uganda Barat.

Warga Uganda Barat, tepatnya di Distrik Hoima sangat antusias menyambut project pembangunan Masjid tersebut.

Masjid dengan ukuran cukup besar itu mampu menampung hingga 400 jamaah.

Kata Ivan Gunawan, pembangunan masjid ini sudah sampai pada 80 persen. Sebentar lagi masjid itu bisa digunakan untuk ibadah masyarakat muslim di Uganda.

"Alhamdulillah pembangunan sudah 80 persen jadi. Meski belum sepenuhnya jadi, masjid saat ini sudah dipakai solat dan kajian oleh warga sekitar," tutur Ivan Gunawan.

"Selain masjid, kita juga membuat sumber air untuk berwudhu dan sehari-hari juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk masak dan minum," lanjutnya.



Simak Video "Tips Pakai Parfum agar Tahan Lama ala Ivan Gunawan"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT