Ratusan Pesta Sepanjang Hidup Ratu Elizabeth II

ADVERTISEMENT

Ratusan Pesta Sepanjang Hidup Ratu Elizabeth II

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 09 Sep 2022 21:26 WIB
CHESTER, ENGLAND - JUNE 14:  Queen Elizabeth II sitts and laughs with Meghan, Duchess of Sussex during a ceremony to open the new Mersey Gateway Bridge on June 14, 2018 in the town of Widnes in Halton, Cheshire, England. Meghan Markle married Prince Harry last month to become The Duchess of Sussex and this is her first engagement with the Queen. During the visit the pair will open a road bridge in Widnes and visit The Storyhouse and Town Hall in Chester.  (Photo by Jeff J Mitchell/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sudah jadi tradisi dalam Kerajaan Inggris untuk menggelar Pesta Kebun (Garden Party) di taman Istana Buckingham. Semasa hidup Ratu Elizabeth II, telah digelar ratusan pesta yang mengundang jutaan tamu penting dari seluruh Inggris dan seluruh dunia.

Pesta Kebun ini jadi catatan rekor mendiang Ratu Elizabeth II. Dikutip dari NDTV, Ratu Elizabeth II sudah menggelar lebih dari 180 pesta kebun di Istana Buckingham. Total tamu yang datang dalam pesta ini mencapai angka lebih dari 1,5 juta undangan.

Sepanjang pandemi COVID-19, dua tahun Pesta Kebun ditiadakan. Namun setelah kondisi membaik tahun 2022 ini Pesta Kebun kembali digelar. Sayangnya ini jadi pesta kebun terakhir Sang Ratu sebelum meninggal di usia 96 tahun.

Di pesta terakhirnya, Ratu Elizabeth II dikelilingi anggota keluarga. Kate Middleton dan Pangeran William datang ke acara ini, termasuk Putri Beatrice, Pangeran Edward, dan Sophie 'Countess of Wessex'.

Dari tahun ke tahun, undangan spesial dibagikan Kerajaan Inggris buat mereka yang dirasa layak buat datang ke pesta kebun ini. Ada staf khusus kerajaan yang bertugas untuk mendaftar semua tamu yang akan diundang. Mereka yang beruntung di antaranya para atlet Olimpiade hingga selebriti seperti Benedict Cumberbatch yang diundang tahun 2012.

Di pesta ini, Ratu Elizabeth II secara langsung turun dan bertemu dengan para tamu undangannya. Acara ramah tamah yang tentunya tak akan dilupakan buat mereka yang beruntung pernah hadir di sana.

Selain Pesta Kebun, berbagai event juga digelar oleh Kerajaan Inggris dan dihadiri pula oleh Sang Ratu. Acara musik jadi salah satu agenda yang tak pernah terlewatkan. Saat perayaan Platinum Jubilee pada Juni 2022, Istana Buckingham dihadiri oleh Queen, Adam Lambert, Craig David, Elton John, Duran Duran, Alicia Keys, hingga Diana Ross.

Acara ini tidak hanya dimeriahkan oleh para musisi tapi juga drone show. Ada 400 drone yang beraksi membentuk lukisan di langit mulai dari angka 70 untuk menandakan 70 tahun masa taktha Ratu Elizabeth II, hingga kalimat ucapan terima kasih.

Konser ini disiarkan langsung oleh BBC dan ditonton lebih dari 13,3 juta pemirsa saat penayangannya. Salah satu rekor lain yang ditorehkan di masa hidup Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II meninggal Kamis (8/9/2022) di usia 96 tahun.

(aay/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT