Richard Lee Terus Cari Pembenaran Usai Jadi Tersangka, Singgung Artis Lain

ADVERTISEMENT

Richard Lee Terus Cari Pembenaran Usai Jadi Tersangka, Singgung Artis Lain

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 29 Agu 2022 17:30 WIB
Richard Lee
Richard Lee terus mencari pembenaran usai jadi tersangka atas laporan Kartika Putri. Foto: Febri/detikHOT
Jakarta -

Dokter Richard Lee merasa dirugikan akibat akun instagramnya disita buntut dari laporan kasus pencemaran nama baik yang dilayangkan oleh Kartika Putri. Dengan adanya penyitaan akun instagramnya itu, Richard merasa bisnisnya tak berkembang, hingga tak bisa melakukan edukasi terkait skincare abal-abal.

"Atas kejadian ini saya yang dirugikan, saya merasa saya yang paling dirugikan. Kenapa? akun IG saya disita satu tahun lebih, di mana klinik saya, perkembangan bisnis saya terhambat karena media sosial saya diambil," kata Richard Lee saat menggelar konferensi pers terkait kasusnya dengan Kartika Putri di Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (29/8/2022).

"Saya juga juga tidak dapat melakukan edukasi seperti biasanya karena Instagram saya diambil," tukasnya.

Richard Lee juga mempertanyakan mengapa akun Instagramnya harus disita. Dirinya merasa belum tentu melanggar pasal pencemaran nama baik yang dilaporkan Kartika Putri.

"Yang menjadi pertanyaan saya adalah jika saya melakukan pencemaran nama baik akun IG itu akan langsung disita meskipun belum tentu bersalah, contoh saya ngomong, teman saya sajalah Bang Hotman Paris atau Denise Chariesta, saya menduga mereka melakukan pencemaran nama baik kepada saya. Apakah kalau saya laporkan akun mereka serta merta langsung disita? Sampai satu, dua tahun pastinya sangat dirugikan sekali," beber Richard Lee.

Dengan adanya penyitaan itu, Richard juga merasa hak asasinya dirampas. Bahkan dia membandingkan kasus artis lain yang akun Instagramnya tak disita.

"Menurut saya ini bisa ke HAM juga, hak asasinya diambil. Padahal belum tentu kita bersalah. Juga kalau misalnya prosedurnya seperti itu, mohon maaf Mbak Nikita Mirzani juga punya kasus sama, pencemaran nama baik juga dan persis sama deliknya, kok nggak di sita? Kenapa saya disita dan juga ada beberapa unsur yang kurang secara hukum," kata Richard Lee.

Richard Lee juga kesal Instagramnya sudah disita sejak dirinya belum ditetapkan sebagai tersangka. Dia terus membandingkan kasusnya dengan artis lain yang juga terjerat dugaan pencemaran nama baik.

"Saya harus mengembangkan bisnis saya dengan akun baru, saya di sini belum tersangka, tapi akun saya sudah disita. Sedangkan kasus artis yang lain ada yang sudah tersangka, tapi akunnya masih baik-baik saja. Karena ini menjadi ranah publik biarkan publik yang menilai," katanya.

Richard Lee keukeuh dirinya tak mencemarkan nama baik Kartika Putri. Dia menyinggung soal kalimat 'Mbak Karput ikut berdosa' yang menjadi bahan Kartika Putri melaporkan dirinya.

"Dari sekian banyak IG story saya yang dilaporkan itu adalah 'Ikut berdosa', 'Maka Mbak Karput ikut berdosa' padahal kalimat saya cukup panjang dan kalimat saya diawali dengan kata-kata saran subjeknya, ada banyak, ada Karput ada selebgram, ada artis. Tolong deh kalo iya semua, menurut saya sempurna sekali," katanya.

"Makannya saya ingin mengundang semua ahli-ahli Kominfo, ahli ITE, ahli bahasa, ahli pidana yuk kita bedah kasus ini sama-sama apakah ini menemui unsur pencemaran nama baik? Apakah ada niatan dari saya untuk melakukan pencemaran nama baik atau ini hanya edukasi? Itu video yang dipermasalahkan, itu video lengkap ya dan yang dipermasalahkan adalah potongan kalimat ,'Mbak Karput ikut berdosa,' padahal di kalimat itu ada kata, 'Kalau iya mengandung hidroquinon maka Mbak Karput ikut berdosa,'" sambung Richard Lee panjang lebar.

Di halaman selanjutnya, Richard Lee merasa tak mendapat keadilan.



Simak Video "Kata Richard Lee Usai Digugat Rp 20,7 Miliar oleh Eks Pengacara"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT