Rano Karno Takjub Festival Desa ke-2 dari Megawati Makin Meriah

ADVERTISEMENT

Rano Karno Takjub Festival Desa ke-2 dari Megawati Makin Meriah

Mauludi Rismoyo - detikHot
Senin, 29 Agu 2022 11:43 WIB
Mantan Wagub Banten, Rano Karno dicecar jaksa KPK soal fee proyek untuk pejabat di Banten. Atas fee proyek itu, Rano Karno mengatakan tidak pernah mendengar.
Rano Karno Takjub Festival Desa ke-2 dari Megawati Makin Meriah. (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Desa biasa identik dengan sebuah daerah yang dipenuhi sekumpulan orang dari berbagai jenis kelamin dan erat dengan norma serta adat istiadat. Tak cuma itu, aspek budaya dan seni biasanya ditemui di berbagai desa yang ada di Indonesia.

Mendorong sinergi desa demi kemajuan bangsa, BKN PDI Perjuangan resmi menggelar Festival Desa yang kedua pada akhir pekan lalu. Digelar di Gedung DPP PDI Perjuangan, acara pun turut dimeriahkan oleh sang ketua umum, Megawati Soekarnoputri.

Dalam sambutannya, Megawati mengungkapkan peranan desa haruslah diperhatikan. Lantaran dari situ, peningkatan dan kemajuan bangsa bermula.

"Tanpa rakyat dalam rumahnya yang disebut desa, kampung, dan lain sebagainya, tidak akan mungkin kehidupan yang sangat didambakan gemah ripah loh jinawi dapat benar-benar terjadi," ujar Megawati.

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan yakni Hasto Kristiyanto juga menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan satu upaya penggerak warisan kebudayaan leluhur.

Desa sudah seharusnya, sambung Hasto, menjadi tempat penggerak bangsa yang dipenuhi ilmu pengetahuan dan teknologi memadai. Sebab itulah, gelaran tersebut diadakan.

"Inilah yang kita lakukan dengan bergerak ke bawah, menyatu dengan masyarakat, khususnya yang tinggal di desa," tutur Hasto.

"Seluruh kader PDI Perjuangan dengan cara yang berkebudayaan membangun harapan masa depan yang jauh lebih baik," lanjutnya.

Melihat gebrakan luar biasa yang juga disambut baik oleh masyarakat terkait, Rano Karno pun turut mengapresiasi gelaran tersebut. Hal itu ditambah dengan melihat peningkatan jumlah peserta festival yang jauh meningkat dibandingkan tahun pertamanya.

"Total peserta Festival Desa ke-2 2022 sebanyak 269 peserta dari 25 provinsi dan 110 kabupaten kota se-Indonesia, dengan kualitas cerita maupun aspek sinematografis yang meningkat secara signifikan dibanding tahun lalu," kata sang Sekretaris PDI Perjuangan tersebut.

Cak Lontong ramaikan Festival Desa kedua Piala Megawati.Cak Lontong ramaikan Festival Desa kedua Piala Megawati. Foto: dokumen pribadi

Pada festival tersebut, sekiranya terdapat 3 kategori utama yang dipentaskan. Di antaranya kategori milenial pelopor desa, rasa syukur rakyat, serta teknologi dan inovasi.

Pada kategori Milenial Pelopor Desa, juara diraih karya berjudul 'Sang Penopeng Desa Kaliwungu' dari NH Project Academy, Jember, Jawa Timur.

Lalu dalam kategori Rasa Syukur Rakyat Desa, tim Arqad Creative dari Temanggung Jawa Tengah menjadi pemenang lewat karya 'Tirto Anargya Anubawa'.

Kemudian, kategori Teknologi dan Inovasi Rakyat Desa, video bertajuk 'Desa Sambak, Green Village' karya Potorono dari Magelang, Jawa Tengah.

Acara yang dimeriahkan pula oleh Cak Lontong sebagai hiburan, memang telah direncanakan oleh pihak BKN PDI Perjuangan yang menuruti amanat dari sang ketua umum.

Megawati Soekarnoputri menegaskan bahwa acara itu harus dijadikan ajang peningkatan desa sebagai taman sari Indonesia yang perlu mendapat sentuhan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih.

(mau/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT