Persiapkan Diri Hadapi Kematian, Irfan Hakim Beli Tanah Makam Keluarga

ADVERTISEMENT

Persiapkan Diri Hadapi Kematian, Irfan Hakim Beli Tanah Makam Keluarga

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Selasa, 23 Agu 2022 21:26 WIB
Irfan Hakim, Duta Angklung Bandung.
Foto: Istimewa
Jakarta -

Bicara soal kematian, Irfan Hakim mengaku sudah mempersiapkan diri. Menurut Irfan dia harus siap dengan kematian.

"Siapapun yang bernyawa pasti akan mengalami kematian. Zaman sekarang wabah banyak sekali, ada Covid dan penyakit paru segala macam. Kalau dibilang sekarang akhir zaman, ya iya. Kita harus mempersiapkan diri menghadapi kematian," kata Irfan Hakim di kawasan Mampang, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan pada Selasa (23/8/2022).

Bicara soal kesiapan, Irfan Hakim akui sudah mempersiapkan makam untuk dirinya dan keluarganya. Irfan juga akui sudah mempersiapkan kain kafan hingga penutup keranda yang bagus dan layak.

"Kalau gue persiapan mempersiapkan makam buat keluarga, sekarang sih masih satu saja. Kita sih suka bercanda nih, siapa nih selanjutnya? Itu bercanda. Nggak lucu sih. (Selain itu juga) mempersiapkan kain kafan," kata Irfan Hakim.

Soal penutup keranda, Irfan Hakim mengaku beberapa kali melihat penutup yang tidak layak. Ia pun membeli tutup keranda saat pergi umrah.

"Penutup keranda kadang gue amati kok banyak penutup keranda pada butut. Pas di dunia rumah bagus, kendaraannya bagus, rumahnya mewah. Tapi pas tutup usia penutup keranda yang merupakan kendaraan terakhir kok butut, lusuh. Ketika gue pergi umrah dan haji, saya beli tutup keranda yang bagus," kata Irfan Hakim.

Ide itu Irfan Hakim akui sudah muncul sejak 10 tahun lalu. Kadang, penutup keranda miliknya dia pinjamkan kepada yang membutuhkan.

"Itu sudah 10 tahun lebih. Kalau misalnya ada teman atau keluarga meninggal, aku bawa tutup keranda itu juga supaya memuliakan lah. Nggak wajib sih, tapi memuliakan saja," pungkasnya.



Simak Video "Gara-gara Keripik Pedas, Irfan Hakim Dilarikan ke Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(fbr/dal)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT