ADVERTISEMENT

8 Artis Ini Bikin Bangga Pernah Jadi Paskibraka

M. Iqbal Fazarullah Harahap - detikHot
Rabu, 17 Agu 2022 13:02 WIB
Aktor, Presenter,
Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus menjadi momen yang spesial. Ada yang merayakan dengan berbagai perlombaan dan kegiatan, ada juga yang tampil dalam barisan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka alias Paskibraka.

Sejumlah selebriti pernah merasakan menjadi bagian pasukan tersebut saat duduk di bangku sekolah. Mulai dari menjadi Paskibraka tingkatan provinsi, sampai mereka yang jadi pasukan pengibar bendera Merah Putih langsung di Istana Negara.

Misalnya di tingkat provinsi, pada 2006, aktor Fero Walandouw ambil bagian menjadi Paskibraka untuk pengibaran Merah Putih di provinsi Sulawesi Utara. Aktris Hana Saraswati juga membanggakan menjadi Paskibraka pada 2014 untuk provinsi DKI Jakarta.

Marcelino Lefrandt diketahui menjadi komandan pasukan 8 dalam pengibaran bendera Merah Putih di Sulawesi Utara saat dirinya masih duduk di bangku SMA. Vokalis band Ungu, Pasha, pada 1995 mengibarkan bendera Merah Putih sebagai anggota Paskibraka Jawa Tengah.

Para artis menjadi PaskibrakaHana Saraswati saat menjadi Paskibraka Foto: dok. Instagram

Salah satu posisi yang paling disorot dalam barisan Paskibraka adalah pembawa baki, atau mereka yang membawa bendera Merah Putih. Banyak yang ingin menjadi pembawa baki dalam upacara pengibaran maupun penurunan.

Mundur ke 1990, Desy Ratnasari dipercaya berada pada posisi pembawa baki saat melakukan upacara menjadi Paskibraka di provinsi Jawa Barat.

Selain nama-nama tadi, tercatat setidaknya ada tiga nama lain yang pernah menjadi Paskibraka sampai ke tingkat nasional. Sutradara kondang Joko Anwar pernah menjadi Paskibraka nasional di Istana Negara pada era 90-an.

Para artis menjadi PaskibrakaJoko Anwar saat menjadi Paskibraka. Foto: dok. Instagram

Aktris senior Ayu Diah Pasha juga pernah merasakan menjadi pembawa baki pada gelaran upacara bendera di Istana Negara 17 Agustus 1980.

Aktor Deva Mahenra juga tak kalah keren saat dirinya didapuk menjadi Komandan Peleton 45 untuk pengibaran Merah Putih di kabupaten Timika.



Simak Video "Nassar Punya Cara Khusus saat Pendekatan dengan Desy Ratnasari"
[Gambas:Video 20detik]
(mif/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT