ADVERTISEMENT

Round Up

Agan Harahap dan Foto Remaja Irjen Sambo yang Jadi Sorotan

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 11 Agu 2022 22:02 WIB
Foto Rekayasa Irjen Ferdy Sambo Karya Agan Harahap
Agan Harahap dan Foto Remaja Irjen Sambo yang Jadi Sorotan. (Foto: Courtesy of Agan Harahap/ Instagram)
Jakarta -

Seniman Agan Harahap kembali menjadi sorotan. Kali ini, ia membuat karya berupa foto Irjen Sambo yang 'dimudakan'.

Dalam rancangan fotonya, Agan menampilkan sosok Ferdy Sambo dengan potongan kepala cepak dan berseragam SMA. Tampak senyum tipis Ferdy Sambo dalam foto tersebut.

Agan lalu memasukkan satu kalimat sebagai narasi fotonya, "Saya selalu ciptaan Tuhan menyampaikan permohonan maaf."

Gara-gara foto tersebut, para netizen ramai mengomentarinya dengan beraneka ragam. Ada yang memplesetkan nama Ferdy Sambo sampai geram dengan kasus penembakan hingga pembunuhan terencana yang terkuak baru-baru ini.

Kepada detikcom, Agan Harahap buka-bukaan soal foto remaja Irjen Sambo. Ia mengatakan setelah diumumkannya Ferdy Sambo sebagai tersangka, pastinya publik akan penasaran dengan masa lalu dan latar belakangnya.

"Pasti akan ada yang kulik, jadi gue siapin saja fotonya menggunakan aplikasi FaceApp," ujarnya ketika dihubungi.

Dia memakai aplikasi FaceApp dari foto profil Ferdy Sambo yang beredar di media sosial. Tahap kedua adalah merapatkan pixel dan ketiga mulailah tahap meremajakan foto wajahnya.

Khusus untuk foto remaja Ferdy Sambo, Agan sengaja tidak menggunakan 'narasi' seperti karya-karya lainnya. Ia punya penjelasan untuk hal itu.

"Seram, karena ujung-ujungnya mengikuti kasus ini harus pakai hati. Buat apa bikin narasi panjang-panjang, tanpa itu semua, kalimat pendek itu sudah menjelaskan 'Sambo banget'," katanya.

Lebih lanjut, Agan mengaku tidak bisa menemukan narasi panjang untuk menjelaskan peristiwa yang mencengangkan tersebut. Baik dari sisi pernyataan polisi maupun yang keluar dari ucapan Irjen Ferdy Sambo.

"Gelap saja gitu. Semua pernyataan serba dark," tegasnya.

"Kalau yang biasanya kan gue edit kekonyolan-kekonyolan, ini kan nggak. Mau bikin jokes apa dari peristiwa pembunuhan terencana, tapi justru gue kepikiran untuk buat Ferdy Sambo ketika masih muda, kayaknya orang baik-baik. Dari berita kan sudah ditelusuri, ternyata memang baik," sambung Agan Harahap.

Menurut penuturan Agan, kasus yang bermula dari dugaan polisi tembak polisi sampai terkuak fakta pembunuhan terencana, peristiwa ini susah untuk disikapi.

"Gue nggak bisa nemu jokes-nya. Biasanya gue menemukan jokes dari kekalutan peristiwa, akhirnya harus pakai hati sama kasus ini. Sebulan di angkringan depan sekolah anak gue ngomongin ini terus, hari ini ada apa, 25 polisi yang dicopot sampai jadi tersangka. Update terus setiap hari. Gue nggak nemu jokes-nya dari peristiwa, prihatin saja," pungkasnya.

Simak video 'Belasungkawa Sambo untuk Brigadir J Hingga Permintaan Maaf ke Kapolri':

[Gambas:Video 20detik]



(mau/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT