ADVERTISEMENT

Fenomena Androgini, Style Cowok Tanpa Gender di Citayam Fashion Week

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Senin, 25 Jul 2022 18:43 WIB
bonge dan kurma
Ale model Citayam Fashion Week Foto: Febri/detikhot
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mewanti-wanti cowok stylist di Citayam Fashion Week yang digelar di Dukuh Atas. Ini pengakuan bocah Bojong dan Citayam cs.

Riza mengatakan pihaknya bakal memberi edukasi bagi anak-anak pria stylist itu. Menurutnya, gelaran fashion show para ABG tersebut jangan sampai mengarah ke perilaku LGBT.

"Mari kita jaga anak-anak kita jangan sampai nanti justru karena mengikuti fashion show gitu justru nanti yang laki-laki nanti pengen seperti ke perempuan-perempuanan begitu," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Sabtu (23/7/2022).

Ale, salah satu bocah Bojong yang ikut meramaikan dengan berlenggok di Citayam Fashion Week, mengaku memang kerap memakai busana tanpa batas gender. Menurutnya, ia memang terinspirasi oleh Harry Styles.

"Dia (fashion) kan menembus gender, kalau di Indo itu Jefri Nichol, maybe. Pokoknya androgini," tuturnya.

Androgini bisa disebut sebagai istilah pembagian peran yang sama dalam karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan. Makanya dari cara berbusana, Ale dianggap bergaya kemayu. Dandanan Ale memang tak biasa, penampilannya mencolok dengan gaya maksimal hampir setiap sore di kawasan itu.

Ale merupakan bocah Bojong Cs yang kini berusia 18 tahun dengan mimpi besar di karir modeling. Ia juga mengaku bekerja di sebuah perusahaan di kawasan Kelapa Gading sebagai digital marketing.

"Goals gue jalan di Paris Fashion Week, setidaknya di Jakarta Fashion Week, itu my dream, my goals dan abis itu gue kemungkinan masuk agensi model dulu sih," ungkap Ale.

Demi menggapai mimpinya itu, Ale kerap memakai busana yang tak biasa. Ia juga ingin punya ciri sebagai androgini, bahkan pernah mendapat hujatan di TikTok saat memakai croptop.

"Itu gara-gara pakai croptop, semua full hujatan. Gue mau edukasi juga sedikit untuk temen-temen, bahwa croptop pada 1970 dibuat pertama kali untuk laki-laki yang ingin berolahraga gym, tapi dia nggak mau telanjang dada, maka diciptakanlah croptop," ungkapnya.

Pada era 80-an, penggunaan croptop populer di kalangan para cowok. Bahkan banyak artis Holywood yang memang memakai pakaian seperti itu di dalam film, termasuk Johnny Depp hingga Will Smith.

Ale mengaku pernah dikomplain orang tuanya karena penampilannya. Meski menurutnya perlahan mereka juga mengerti. Tak cuma itu saja, ia juga bahkan kerap memakai baju ibunya.

"Baju ada yang punya nyokap atau bokap ada juga thrifting, gue pengen kayak nunjukin aja bisa bawa kelas ini tanpa barang branded. (Orang tua tak marah) Gue selalu give education, jadi lama-lama mereka ngerti. Gue sehari-hari di rumah nggak kayak gini dan gue juga dapet income, kalau berpakaian aneh," tuturnya.



Simak Video "Baim Wong Bicara soal Tudingan 'Created by the Poor, Stolen by the Rich'"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/aay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT