ADVERTISEMENT

Ustaz Zacky Mirza Salut Dengar 'Iron Man' Cibubur: Ini Kecelakaan Bukan Wisata

Desi Puspasari - detikHot
Minggu, 24 Jul 2022 19:35 WIB
Zacky Mirza yang sangat tertegun dengan pernyataan Iron Man.
Foto: YouTube
Jakarta -

Ustaz Zacky Mirza penasaran dengan sosok 'Iron Man' yang jadi penyelamat dalam kecelakaan maut truk Pertamina Cibubur. Berada di Riau, Ustaz Zacki Mirza bisa bicara langsung dengan Kurwanto, 'Iron Man' Cibubur melalui video call.

"Iron Man sejati yang nyelamatin manusia lainnya. Biasanya kan hanya di film," kata Ustaz Zacky Mirza.

Kurwanto dilihat dalam Zacky Mirza Channel, menceritakan kronologi truk Pertamina menghajar kendaraan-kendaraan yang sedang berada di lampu merah CBD.

Kurwanto yang sedang mengamen, melihat langsung bagaimana truk Pertamina itu menabrak banyak kendaraan hingga merenggut 10 korban jiwa. Melihat kejadian itu, Kurwanto mengaku lemas dan takut, tapi kasihan melihat masih ada korban selamat yang meminta tolong, salah satunya Firas Firdaus, pemotor yang kakinya terjepit bumper truk dan motor.

"Di dalam hati lemas, kasihan, takut, bingung. Saya langsung lari aja nolongin, orang pada rekam (kecelakaan) semua," cerita Kurwanto sang Iron Man.

"Orang itu masih hidup itu. Sudah minta tolong, tolong sakit, nggak ada yang nolongin. Saya langsung lari angkat motornya saya nggak kuat, baru saya omelin yang rekam-rekam, 'Ngapain rekam-rekam? Coba sini bantuin!' Nggak ada (yang menolong awal-awal). Masa orang kecelakaan direkam. Ini kecelakaan, bukan pariwisata," ucapnya kesal.

Mendengar ucapan Kurwanto, Ustaz Zacky Mirza tertegun. Di saat semua orang merekam kejadian naas itu tanpa menolong, Kurwanto berani menggertak dan melakukan pertolongan tanpa ada niat merekam.

"Masyaallah. Ini kecelakaan bukan pariwisata. Ini nasihat nih buat kita semua, kalau ada kecelakaan jangan dianggap hiburan ya harus ada pertolongan pertama," kata Ustaz Zacky Mirza.

Setelah Kurwanto memarahi banyak orang, datang seseorang yang membawa linggis dan membantu mengangkat bumper mobil. Berdua berusaha mengangkat korban, baru ada beberapa orang lainnya yang datang.

Kurwanto mengakui dirinya sebenarnya lemas melihat kejadian itu secara langsung. Akan tetapi, dia nekat berlari menolong karena berpikir takut truk tersebut meledak karena bawa BBM.

"Kalau lihat darah mah langsung lemas, tapi gimana lagi. Yang satu lihat darah, yang satu (orang) minta tolong nggak ada tolongin. Jadi ya saya nekat. Ketiga, takut meledak isi BBM-nya," aku Kurwanto.

"Abang mikirinnya jauh ya," timpal Ustaz Zacky Mirza.

"Belum ada yang nolong pas kejadian. Saya lari, saya bilang ke korban, 'Tenang-tenang,' saya angkat pundak korban nggak kuat, baru ada orang bawa linggis buat dongkel pala mobil," ungkapnya.

Kurwanto tak menyangka dirinya justru jadi sorotan. Dia bahkan tak berpikir untuk mendapat imbalan karena merasa kasihan mendengar teriakan minta tolong dari korban selamat.

Ustaz Zacky Mirza mengingatkan apa yang dilakukan oleh Kurwanto sang 'Iron Man' Cibubur bisa jadi contoh dan pengingat.

"Begitu semangat ya saya nggak nyangka banyak orang di sekitar yang cuma ngerekam. Padahal ini musibah, 'Eh ini kecelakaan bukan pariwisata.' Ini ada sisi lain anak muda yang bisa kita contoh, beliau tidak mengharap apa-apa," nasihat Ustaz Zacky Mirza.



Simak Video "Kondisi Terkini Ustaz Zacky Mirza Usai Alami Kecelakaan"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT